Kompas.com - 08/07/2021, 09:05 WIB
Embun es di lapangan sekitar candi kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin (10/5/2011). KOMPAS.COM/HANDOUTEmbun es di lapangan sekitar candi kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin (10/5/2011).
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Kondisi udara dingin yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia ramai diperbincangkan masyarakat, termasuk di media sosial Twitter.

Beberapa masyarakat mengaitkan kondisi ini dengan fenomena aphelion, kondisi Bumi terletak di titik terjauh dari Matahari.

Salah satunya warganet di Twitter berikut ini:

"Fenomena Aphelion, pantes dingin banget," tulis salah satu akun.

Baca juga: Fenomena Aphelion 6 Juli 2021 dan Penjelasan Lapan soal Suhu Dingin...

Baca juga: Apa Dampak Fenomena Aphelion 6 Juli 2021? Ini Penjelasan Lapan

Menanggapi hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan mengenai suhu udara dingin yang terjadi di Indonesia.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal menjelaskan, fenomena suhu udara dingin sebetulnya merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi pada bulan-bulan puncak musim kemarau, yakni Juli-September.

"Saat ini wilayah Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Timur menuju periode puncak musim kemarau. Periode ini ditandai pergerakan angin dari arah timur, yang berasal dari Benua Australia," ujar Herizal dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (8/7/2021).

Baca juga: Ramai Foto Diduga Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Ini Penjelasan Lapan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.