[HOAKS] Ricuh Pedagang Lawan Petugas PPKM di Pasar Kandangan Kediri

Kompas.com - 07/07/2021, 16:05 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar sebuah video di media sosial yang menampilkan kericuhan antara pedagang di sebuah pasar dengan petugas yang menegakkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dalam unggahan yang ada, video tersebut diberi pin lokasi Pasar Kandangan, sebuah pasar yang ada di Kediri, Jawa Timur.

Namun, dari konfirmasi dan penelusuran yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, peristiwa itu terjadi di sebuah pasar di Banda Aceh pada Mei lalu akibat rencana relokasi pedagang di Pasar Kartini Peunayong.

Narasi yang beredar

Unggahan video berdurasi 25 detik tersebut, salah satunya diunggah oleh akun Facebook @Toba Trader pada Selasa (6/7/2021)

Video tersebut menampilkan perlawanan sejumlah orang terhadap sekumpulan petugas dengan melempar-lemparkan berbagai macam benda, salah satunya keranjang buah.

Tidak jelas percakapan apa yang berlangsung di tempat kejadian, namun suara itu berupa teriakan dan seruan orang-orang kepada petugas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berlatar di sebuah jalan dalam kondisi yang masih gelap dengan penerangan yang menyala, kejadian itu disebut terjadi di Pasar Kandangan, Kediri, Jawa Timur.

Tak hanya mengunggah video dengan keterangan lokasi di Pasar Kandangan, pengunggah juga menuliskan narasi sebagai berikut:

"Kediri Pasar kandangan. Rakyat sdh muak sama kebijakan Rezim yg menyengsarakan, menyengsarakan, menyengsarakan...mbuhlah," tulis dia.

Tangkapan layar unggahan Facebook yang menyebarkan hoaks kericuhan di Pasar Kandangan, KediriFacebook Tangkapan layar unggahan Facebook yang menyebarkan hoaks kericuhan di Pasar Kandangan, Kediri

Klarifikasi Kompas.com

Terkait informasi tersebut, Kapolsek Kandangan, Iptu Gatot Pesantoro membantah hal itu terjadi di wilayahnya.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.