Diskursus Jaya Suprana Berpulang

Kompas.com - 07/07/2021, 09:24 WIB
Jaya Supradi DOK. PRIBADIJaya Supradi

PADA masa saya sedang waswas setiap saat harus meninggalkan dunia fana akibat pagebluk Corona alih-alih mereda malah makin merajalela, mendadak sontak sang mahapenulis tersohor merangkap mahaguru menulis saya, Eka Budianta, berbagi sebuah pesan singkat lewat medsos berbunyi, Jaya Suprana Berpulang” .

Pak Eka mengiringi pesan singkat dengan sebuah pertanyaan sekaligus pernyataan “Ini hoax kan Pak Jaya? Saya dan teman-teman tidak percaya!”.

Dengan mengajukan pertanyaan dan pernyataan kepada seorang yang diduga almarhum akibat bepulang terkesan secara paradok Pak Eka konflik dengan diri sendiri dalam hal tidak percaya sekaligus ragu jangan-jangan benar saya berpulang namun bertanya langsung pada yang diberitakan sudah berpulang.

Sementara secara andaikatamologis saya berpulang mustahil saya mampu menjawab pertanyaan Pak Eka.

Tanya jawab

Karena ditanya dan kebetulan saya belum berpulang maka saya wajib menjawab pertanyaan sesantun mungkin.

“Sebenarnya saya memang sedang menunggu giliran berpulang namun sampai saat saya menulis ini giliran saya belum tiba. Mungkin nanti atau entah kapan saya belum tahu sebab sepenuhnya tergantung Kehendak Yang Maha Kuasa.”

Langsung dijawab Pak Eka, “Sudah saya teruskan pada yang kebingungan - keracunan hoax, Pak. Terima kasih.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saya jawab, “Mungkin ada yang kecewa akibat saya belum kunjung berpulang namun harap bersabar karena pada saat yang ditentukan Yang Maha Kuasa saya pasti akan berpulang.“

Pak Eka membalas dengan sticker Jokowi tertawa hahahaha sambil menepuk dahi disertai komentar, “Semua kembali gembira, Pak Jaya!” 

Diskursus

Diskursus Pak Eka dengan saya tentang "Jaya Suprana berpulang" menyadarkan saya atas keabsahan kearifan Jawa bahwa urip iki mung mampir ngombe alias hidup ini hanya singgah minum. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.