Heboh Video Kampanye Vaksin Kemenkes Pakai Tokoh Anime, Warganet Sebut Wibu, Pengamat Bilang Kreatif

Kompas.com - 06/07/2021, 18:30 WIB
Dalam rangka mengampanyekan vaksinasi Covid-19 untuk usia 18 tahun ke atas, Kemenkes membuat konten TikTok yang menampilkan sosok Ogiwara Sayu, karakter remaja perempuan dari anime Higehiro. Screenshot Tiktok: @kemenkesriDalam rangka mengampanyekan vaksinasi Covid-19 untuk usia 18 tahun ke atas, Kemenkes membuat konten TikTok yang menampilkan sosok Ogiwara Sayu, karakter remaja perempuan dari anime Higehiro.

KOMPAS.com - Baru-baru ini, unggahan konten TikTok akun resmi Kementerian Kesehatan viral dan menjadi perbincangan warganet, khususnya di kalangan penggemar anime Jepang.

Dalam unggahan 27 Juni 2021 itu, Kemenkes memberikan informasi bahwa vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum berusia di atas 18 tahun sudah bisa diakses.

Menariknya, unggahan itu dikemas sedemikian rupa sehingga mudah diterima dan menarik di kalangan anak muda, terutama penggemar anime.

Kemenkes menampilkan sosok Ogiwara Sayu, karakter remaja perempuan dari anime Higehiro, yang mengajak Yudha, seorang remaja laki-laki, untuk ikut divaksin Covid-19.

"Yudha-kun ga update! Sekarang vaksinasi sudah bisa untuk usia 18+ tahun. Coba cek fasilitas pelayanan kesehatan terdekat ya! Sudah bisa kok!," demikian ajakan Sayu-chan kepada Yudha.

@kemenkesri

Kasihan belom tau, mana masih muda lagi. ##samasamabelajar ##wibuindonesia ##KemenkesRI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

? ???????? - ????

Baca juga: Ini Skenario Terburuk yang Disiapkan Pemerintah jika Kasus Harian Tembus 40.000 Kasus

Warganet heboh sebut Wibu

Unggahan kampanye vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes yang terkesan "nyeleneh" itu pun sontak menarik perhatian anak muda penggemar anime.

Para penggemar anime atau yang sering dijuluki wibu, ramai-ramai mengomentari unggahan konten TikTok itu.

"bahkan kementerian kesehatan RI jadi wibu sejak pandemi," komentar akun @rish.rish.rish.

"KEMENKES sampe ngewibu buat sosialisasi vaksin. Parah bgt kalo msih tetep ogah-ogah buat vaksin khususnya yang muda-muda tuh, harusnya antusias huhuu," komentar akun @deayustia.

Hingga Selasa (6/7/2021) unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 3 juta kali, dan mendapat lebih dari 400 ribu likes.

Baca juga: Pemerintah Awasi Mobilitas Warga Lewat NASA hingga Google, Ini Hasilnya

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.