Memutus Candu untuk Hidup Lebih Bahagia, Tenang, dan Bijaksana

Kompas.com - 06/07/2021, 09:53 WIB
Ilustrasi tenaga medis yang bersiaga sebagai benteng terakhir pertahanan kesehatan masyarakat. Ilustrasi oleh Hari Merdeka. Hari MerdekaIlustrasi tenaga medis yang bersiaga sebagai benteng terakhir pertahanan kesehatan masyarakat. Ilustrasi oleh Hari Merdeka.

Hai, apa kabarmu? Semoga kabarmu baik karena anugerah kesehatan yang menyertai.

Buat kamu yang tengah berjuang melawan sakit, semoga diberi kekuatan dan dukungan untuk lekas sembuh.

Kesehatan menjadi anugerah paling berharga yang perlu kita upayakan dan jaga.

Di tengah situasi yang tidak mudah untuk bisa sembuh dari sakit, tidak meletakkan diri dalam percobaan dan mencegah diri sakit adalah langkah bijaksana.

Karena itu, seruan semua pihak agar kita menahan diri tidak bepergian jika tidak perlu merupakan bagian dari upaya baik itu.

Jika terpaksa harus keluar rumah karena alasan yang mendasar misalnya untuk mencari penghidupan, selalu disiplin memakai masker bahkan dobel, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang dinyatakan pemerintah berlaku sejak 3-20 Agustus 2021 adalah bagian dari upaya baik ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedaruratan di seluruh Jawa dan Bali ini dinyatakan karena melonjaknya kasus positif Covid-19 sebelumnya dan adanya tren terus melonjak.  

Karena sifat penularan virus ini sampai membuat seseorang positif memerlukan waktu, dinyatakannya kedaruratan tidak serta-merta menurunkan kasus.

Butuh waktu sekitar dua minggu untuk melihat dampak dari penetapan kedaruratan ini. Karena itu, hari-hari ini kita masih akan mendapati lonjakan kasus sampai kira-kira dua minggu ke depan. Itu pun dengan pengandaian kita semua patuh.

Anggota TNI dan Polri melakukan penyekatan kendaraan saat PPKM Darurat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (5/7/2021). Penyekatan ini mengakibatkan kemacetan parah di ruas Jalan Raya Lenteng Agung.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Anggota TNI dan Polri melakukan penyekatan kendaraan saat PPKM Darurat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (5/7/2021). Penyekatan ini mengakibatkan kemacetan parah di ruas Jalan Raya Lenteng Agung.
Sebagai gambaran, penambahan kasus harian, angka kematian dan kasus aktif meningkat signifikan hari-hari belakangan ini. Belum terlihat penurunan jumlah kasus.

Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah hingga Senin (5/7/2021) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 29.745 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Angka ini merupakan penambahan kasus harian tertinggi sejak 2 Maret 2020. Total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 2.313.829 orang.

Pada periode 4-5 Juli 2021, ada 558 pasien Covid-19 meninggal dunia. Jumlah kematian akibat Covid-19 mencapai 61.140 orang sejak awal pandemi.

Saat ini, tercatat 309.999 kasus aktif Covid-19. Kasus aktif adalah pasien yang masih terkonfirmasi positif virus corona, dan menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.