Kompas.com - 04/07/2021, 22:43 WIB
Ilustrasi cicak Unsplash/Dominik WeigeltIlustrasi cicak

KOMPAS.com - Cecak bukan cuma dianggap menjijikkan oleh sebagian masyarakat Indonesia, binatang merayap ini juga dipercaya bisa membawa sial atau nasib buruk, terutama bagi orang yang tertimpa cecak jatuh.

Adapun dari sisi kesehatan, keberadaan cecak di dalam rumah juga perlu diwaspadai. Pasalnya, reptil ini kerap menjatuhkan kotoran sembarangan. Tentu sangat berbahaya bila kotoran cecak jatuh tepat ke dalam makanan.

Selain itu, cecak juga suka menjilati makanan atau minuman di atas meja atau tempat yang terjangkau olehnya. Padahal, pada liurnya terdapat zat atau bakteri yang bisa membuat orang yang mengonsumsinya mengalami masalah pencernaan.

Oleh sebab itu, mengusir cecak dari dalam rumah adalah solusi terbaik dari semua masalah tersebut.

Dilansir dari Home and Decor melalui Kompas.com, berikut ini tujuh cara alami mengusir cecak dari dalam rumah.

Baca juga: Antigagal, Ini 7 Cara Ampuh Mengusir Cicak di Rumah

1. Bawang putih

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut penelitian, cecak tidak menyukai aroma menyengat dari bawang putih. Coba gantung beberapa siung bawang putih di beberapa lokasi yang sering menjadi pintu masuk bagi cecak.

Bisa juga dengan membuat jus bawang putih terlebih dahulu, kemudian semprotkan ke area dinding yang sering dihinggapi cecak.

2. Bubuk kopi

Cara alami mengusir cecak dari dalam rumah juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bubuk kopi. Cecak tidak menyukai aroma menyengat yang dihasilkan oleh bubuk kopi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.