Kompas.com - 30/06/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi CPNS KOMPAS/RADITYA HELABUMIIlustrasi CPNS

KOMPAS.com - Pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 dipastikan akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang lebih ketat, dibanding seleksi tahun lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Sistem Kepegawaian BKN Suharmen melalui konferensi pers virtual yang ditayangkan di kanal YouTube BKN, Selasa (29/6/2021).

Suharmen mengatakan, protokol yang lebih ketat akan diterapkan karena mempertimbangkan kemungkinan tingginya minat pelamar yang akan mengikuti seleksi CASN pada tahun ini.

Pada tahun lalu, pemerintah membuka sekitar 150.000 formasi, dengan total pendaftar kurang lebih 4,2 juta orang.

"Di tahun 2021 ini, karena formasinya luar biasa besar, maka diperkirakan potensi pendaftarnya mencapai 5 juta orang," kata Suharmen.

Baca juga: Jadwal Resmi Pendaftaran dan Seleksi CPNS 2021

Waktu seleksi jadi lebih panjang

Menurut Suharmen, pengetatan protokol pelaksanaan seleksi CASN 2021 sesuai dengan instruksi dari Kepala BKN Bima Haria Wibisana, yang menginstruksikan agar seleksi CPNS tidak menimbulkan klaster penularan Covid-19.

"Kalau dalam kondisi normal, penerimaan ini bisa dilakukan lima sesi per hari, maka selama pandemi ini kita akan melaksanakannya hanya menjadi tiga sesi di titik lokasi yang sudah diatur sedemikian rupa," ujar Suharmen.

Konsekuensinya, kata Suharmen, pelaksanaan seleksi CASN pada tahun ini akan menjadi lebih panjang dibanding seleksi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Karena tadi jumlah sesinya sudah dikurangi, dan kedua adalah potensi pendaftarnya juga luar biasa besar, maka tentu saja waktunya akan menjadi lebih panjang," kata Suharmen.

Untuk diketahui, pengumuman dan pendaftaran seleksi CASN tahun ini akan dimulai besok, Rabu (30/6/2021) hingga 21 Juli 2021.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.