Kompas.com - 29/06/2021, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyebut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 Sinovac bagi anak-anak usia 12-17 tahun.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam pernyataan yang ditayangkan melalui akun YoutTube Sekretariat Presiden, Senin (28/6/2021).

"Kita juga bersyukur, BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman digunakan aman digunakan anak usia 12-17 tahun," kata Jokowi dari Istana Negara, Sabtu (28/6/2021).

Baca juga: 95 Persen Peserta Prakerja Gunakan Insentif untuk Kebutuhan Pangan

Terkait pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tirmizi mengatakan, Kemenkes sedang menpersiapkan pelaksanaannya. 

"Kami sedang persiapkan teknis pelaksanaannya ya, ditunggu dulu ya," kata Nadia saat dihubungi Selasa (29/6/2021).

Sebelumnya, telah beredar surat dari BPOM yang ditujukan pada Bio Farma tertanggal 27 Juni 2021 atas permohonan vaksinasi bagi kelompok usia 3-17 tahun.

Dalam surat itu disebutkan vaksin direkomendasi untuk kelompok usia 12-17 tahun, namun tidak untuk usia di bawahnya.

Bagi anak usia 3-5 tahun dan 6-11 tahun perlu dilakukan uji klinis lanjutan dengan melibatkan subjek yang lebih banyak.

Baca juga: Polisi Memburu Penonton yang Memicu Kecelakaan Besar di Tour de France

Pertimbangan rekomendasi

Rekomendasi untuk usia 12-17 tahun itu diberikan atas pertimbangan hasil penilaian dan pembahasan rapat Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid-19 yang dilakukan pada 26 Juni 2021.

"(BPOM) Merekomendasikan untuk menerima penggunaan vaksin Covid-19 pada anak usia 12-17 tahun dengan dosis 600 SU/0,5 ml (medium dose)," bunyi salah satu poin dalam surat tersebut.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.