Kompas.com - 28/06/2021, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Singapura mempersiapkan rencana jangka panjang dengan blueprint atau cetak biru untuk hidup dengan Covid-19, setelah 18 bulan bertempur menghadapi pandemi.

Gagasan new normal itu disampaikan oleh tiga menteri yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Antar-Kementerian Singapura dalam kolom opini The Straits Times, Kamis (24/6/2021).

Ketiga menteri itu adalah Menteri Industri dan Perdangan Gan Kim Yong, Menteri Keuangan Lawrence Wong, dan Menteri Kesehatan Ong Ye Kung.

Mereka menyebutkan, virus corona penyebab Covid-19 diyakini tidak akan dapat dilenyapkan dan akan menjadi endemik.

Baca juga: 4 Kunci Singapura Persiapkan Hidup Bersama Covid-19

Sebelumnya, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada akhir Mei lalu mengatakan, pandemi ini akan mereda suatu hari nanti, tetapi Covid-19 tidak akan hilang.

"Di era new normal ini, kita harus belajar untuk melanjutkan hidup meskipun virus ada di tengah-tengah kita. Harapan kita menjaga seluruh masyarakat tetap aman, tetapi juga harus menerima bahwa ada beberapa orang yang akan terinfeksi setiap waktu," kata Lee, dikutip dari pernyataannya yang ditayangkan The Straits Times.

Lee menjelaskan, new normal adalah mengendalikan Covid-19 dengan tindakan kesehatan publik 3T, yaitu test, tracing, dan treatment, tindakan pencegahan secara pribadi (protokol kesehatan), dan pemberian vaksinasi secara reguler atau setiap tahunnya.

Dengan demikian, Covid-19 akan diperlakukan sama dengan penyakit lain yang sudah ada sebelumnya, seperti flu musiman atau demam berdarah.

"Di era new normal, Covid-19 tidak akan mendominasi hidup kita, masyarakat kita sebagian besar telah divaksin dan mungkin akan disuntik setiap tahunnya. Kita akan sering diuji, tetapi itu akan cepat dan mudah," sebut dia.

Baca juga: Singapura Persiapkan Hidup Bersama Covid-19, Epidemiolog: Bukan untuk Saat Ini


Kondisi pandemi Covid-19 di Singapura

Dikutip dari Worldometers (28/6/2021), Singapura, negara dengan 5.895.734 penduduk itu, sejauh ini telah melaporkan 62.544 kasus positif infeksi Covid-19, 62.195 orang pulih, dan korban meninggal sebanyak 36 orang.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.