Sebuah Saran bagi Rencana Menaikkan Pajak

Kompas.com - 25/06/2021, 09:28 WIB
Laman https://kunjung.pajak.go.id/ https://kunjung.pajak.go.id/Laman https://kunjung.pajak.go.id/

DENGAN segala hormat terhadap apa yang disebut sebagai demokrasi, terpaksa saya menyatakan bahwa menaikkan pajak tidak bisa dilaksanakan secara demokratis apalagi atas kerelaan rakyat sebagai para wajib pajak.

Silakan selenggarakan sistem demokratis yang paling umum yaitu pemilihan umum untuk mendengar suara rakyat yang sejujurnya dalam berkenan atau tidak berkenan membayar pajak.

Hasil pemilu pajak sudah dapat diketahui sebelumnya kecuali jika pemilu pajak ditatalaksana secara curang.

Paksaan

Memang wajar bahwa tidak ada manusia yang waras pikirannya merasa senang apalagi gemar membayar pajak.

Pajak merupakan bagian dari realita kehidupan sosio-politik yang tidak bisa diserahkan begitu saja kepada rakyat untuk masing-masing menentukan pembayaran pajak diri sendiri apalagi orang lain.

Maka pajak terpaksa apa boleh buat suka tak suka mewajibkan negara untuk memaksa rakyat membayar pajak sesuai kehendak negara berdasar peraturan bahkan undang-undang pajak yang secara konstutisional resmi dipaksakan bagi setiap warga negara.

Memang pemaksaaan bayar pajak bisa dipaksakan secara seolah tidak ada pemaksaan namun pada akhirnya tetap saja membayar pajak harus dipaksakan bahkan dengan ancaman hukuman mulai dari denda sampai masuk penjara meski belum ada hukuman mati bagi rakyat yang tidak memenuhi kewajiban alias paksaan membayar pajak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada pula upaya menghibur wajib pajak dengan kata-kata mutiara bahwa ada dua hal yang pasti mutlak terjadi di dalam kehidupan yaitu mati dan membayar pajak.

Namun sayang kearifan hiburan itu digugurkan oleh kenyataan di Brunei, Qatar, Oman, Arab Saudi, di mana rakyat tidak diwajibkan membayar pajak

Saran

Akhir-akhir ini akibat negara butuh duit akibat duit tersedot untuk menanggulangi pagebluk Corona maka sudah mulai dengan desas-desus bahwa pemerintah berniat menaikkan pajak.

Menurut pendapat saya sebagai warga yang patuh pemerintah, silakan saja pemerintah menaikkan pajak sesuai kehendak pemerintah yang saya yakin akan bersikap sebijak dan seadil mungkin dalam memaksa rakyat membayar pajak.

Sebagai seorang rakyat jelata yang tidak punya kekuasaan apa pun dalam soal pajak memajak saya hanya memberanikan diri untuk menyampaikan saran selama saran belum dilarang undang-undang agar sebelum menaikkan pajak pemerintah berkenan membasmi korupsi dari negeri tercinta kita ini.

Secara andaikatamologis bahkan apabilamologis, saya berani menjamin bahwa apabila sudah tidak ada lagi korupsi ganas menggerogoti pilar-pilar peradaban negara maka masukan duit akan jauh lebih deras masuk ke kas negara melalui jalur pajak.

Bahkan apabila tidak ada lagi korupsi di negeri tercinta kita ini malah bukan mustahil pemerintah tidak perlu menaikkan pajak akibat negeri kita memang gemah ripah loh jinawi secara berlimpah ruah sehingga merupakan satu di antara negara termakmur di planet bumi ini. Merdeka.


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X