Cara Menyaksikan Strawberry Supermoon Mulai Malam Ini hingga Besok

Kompas.com - 24/06/2021, 16:29 WIB
Penampakan bulan purnama saat berlangsungnya fenomena supermoon, di atas langit San Salvador, Selasa (7/4/2020). Fenomena langit supermoon terbesar sepanjang 2020 yang juga disebut supermoon pink terlihat dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia dengan bentuk terbaik pada Selasa (7/4/2020) atau Rabu (8/4/2020). AFP/YURI CORTEZPenampakan bulan purnama saat berlangsungnya fenomena supermoon, di atas langit San Salvador, Selasa (7/4/2020). Fenomena langit supermoon terbesar sepanjang 2020 yang juga disebut supermoon pink terlihat dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia dengan bentuk terbaik pada Selasa (7/4/2020) atau Rabu (8/4/2020).

KOMPAS.com - Pada Kamis (24/6/2021) malam ini, masyarakat dapat menyaksikan fenomena astronomi Strawberry Supermoon.

Peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Andi Pangerang mengatakan, fenomena Strawberry Supermoon adalah Bulan Purnama Super yang terjadi di bulan Juni.

Sementara, Bulan Purnama Super (Supermoon) adalah ketika Purnama beriringan dengan Perige (titik terdekat Bulan dengan Bumi).

Baca juga: Malam Ini Strawberry Supermoon, Berikut Link dan Fakta Menariknya

Kapan terjadi Strawberry Supermoon?

Fenomena Strawberry Supermoon dimulai sekitar pukul 17.30 WIB.

"Betul, Strawberry Supermoon tepatnya dapat disaksikan mulai nanti, sekitar 30 menit sebelum terbenam matahari," ujar Andi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Lapan tidak mengadakan siaran langsung untuk melihat fenomena ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun kondisi Bulan Purnama benar-benar merah terjadi ketika Bulan berada di dekat ufuk rendah, baik ketika terbit Bulan (sebelum maghrib) dan terbenam Bulan (setelah terbit Matahari).

Andi mengatakan, masyarakat bisa melihat Strawberry Supermoon di situs live streaming virtual telescope atau di channel YouTube Planetarium Jakarta.

"Masyarakat masih bisa menyaksikan live streaming di virtualtelescope.eu maupun untuk lokalnya bisa lihat di channel youtube Planetarium Jakarta," lanjut dia.

Sementara, situs lain untuk mengetahui kapan Strawberry Supermoon dapat disaksikan yakni di laman www.timeanddate.com/moon.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X