Saat Kulit Tersengat Sinar Matahari Seharian, Bolehkah Langsung Diguyur Air Dingin?

Kompas.com - 24/06/2021, 10:35 WIB
Mandi. ThinkstockMandi.

KOMPAS.com - Bersepeda atau melakukan perjalanan menggunakan motor memang menyenangkan.

Selain dapat merasakan suasana perjalanan, Anda juga berpotensi tersengat sinar matahari. Apalagi ketika perjalanan dilakukan di tengah hari.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan menggunakan sepeda atau motor, dan tidak memakai pakaian tertutup, tentu kulit akan terbakar atau tersengat sinar matahari dan mengakibatkan belang.

Untuk meredakan rasa panas pada kulit, beberapa orang memilih mengguyur kulit yang terkena sinar matahari menggunakan air mengalir atau air kran.

"Sama dong. Gue juga belang nih. Sabtu Naik motor dari Rumah ke Jogja tanpa kaos tangan, Senin menyebar pupuk di sawah dan kemarin Kampanye di Std. Sriwedari siang bolong plus disiram air," tulis akun Twitter @Zetyo_pambudi7.

Baca juga: Foto Viral Bagian Kaki yang Belang akibat Paparan Sinar Matahari, Bagaimana Penanganannya?

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Lalu, amankah kulit yang langsung diguyur air usai panas-panasan?

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr Ismiralda Oke Putranti menyampaikan, sebaiknya setelah panas-panasan badan didinginkan terlebih dahulu atau diangin-anginkan saja.

Tindakan tersebut bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh.

Oke menjelaskan, untuk mendinginkan badan dengan cara demikian, membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit agar suhu tubuh menjadi normal kembali.

"Dinginkan suhu tubuh dulu baru kemudian bilas/mandi dengan air yang sesuai dengan suhu tubuh (tidak panas dan tidak dingin)," ujar Oke saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X