Ramai soal Bikin SIM dan SKCK Wajib Lampirkan Sertifikat Vaksinasi, Ini Penjelasan Mabes Polri

Kompas.com - 23/06/2021, 09:30 WIB
Tangkapan layar unggahan yang menyebutkan seluruh warga masyarakat yang akan mengurus SIM dan SKCK wajib melampirkan sertifikat vaksinasi Covid-19. FACEBOOKTangkapan layar unggahan yang menyebutkan seluruh warga masyarakat yang akan mengurus SIM dan SKCK wajib melampirkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

KOMPAS.com - Di media sosial beredar informasi yang menyebutkan seluruh warga masyarakat yang akan mengurus SIM dan SKCK wajib melampirkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

Informasi itu dibagikan oleh sejumlah akun Facebook, di antaranya Idha Ode dan Fahri Abdillah Torjo pada 18 Juni 2021 dengan narasi yang sama.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh dan selamat malam semuanya. Disampaikan kepada seluruh warga untuk pengurusan SIM dan SKCK ada syarat yang harus dilampirkan, diantaranya adalah sertifikat vaksin covid 19. Untuk lebih jelasnya berikut persyaratan yang harus dilampirkan untuk pengurusan SKCK," tulis pemilik akun.

Selain narasi, kedua akun Facebook juga mengunggah foto berisi sejumlah persyaratan dalam membuat SKCK, salah yang disebutkan, yakni wajib melampirkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Menilik Efektivitas Vaksin dalam Menangkal Virus Corona Varian Delta...

Lantas, benarkah setiap warga masyarakat yang mau mengurus SIM dan SKCK wajib melampirkan sertifikat vaksinasi Covid-19?

Penjelasan Mabes Polri

Saat dikonfirmasi, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan membantah bahwa warga yang akan membuat SIM dan SKCK harus melampirkan syarat sertifikat vaksinasi Covid-19. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihaknya juga memastikan bahwa informasi yang beredar itu tidak benar.

"Iya, baru saya tanya jawabnya hoaks," ujar alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 ini saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/6/2021) pagi.

Terkait kepengurusan SIM yang disebut wajib melampirkan sertifikat vaksinasi Covid-19, Kompas.com juga mengonfirmasinya ke Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

Dengan tegas ia juga membantah adanya ketentuan dan informasi tersebut.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X