Ramai “Google Terus Berhenti” di Ponsel Android, Ini Diduga Penyebabnya

Kompas.com - 22/06/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang muncul di perangkat Android KOMPAS.com/ OIK YUSUFIlustrasi error Google terus berhenti atau Google keeps stopping yang muncul di perangkat Android

KOMPAS.com - Pengguna ponsel Android mengeluhkan adanya pesan pop-up "Google terus berhenti" atau "Google keeps stopping" yang muncul di ponsel mereka.

Keluhan itu dilaporkan serempak oleh pengguna Android seluruh dunia di berbagai platform media sosial, pada hari ini, Selasa (22/6/2021).

Dikutip dari Independent, Selasa (22/6/2021), pop-up "Google terus berhenti" itu diduga terkait dengan aplikasi bawaan Google.

Selain itu, kemunculan pop-up tersebut juga dialami oleh pengguna ponsel Android dari berbagai merek, mulai dari ponsel Pixel buatan Google, Xiaomi, hingga Samsung.

Baca juga: Marak Google Terus Berhenti di Android, Begini Cara Mengatasinya

Dugaan penyebab

Error pop-up yang menimpa pengguna Android hari ini mengingatkan pada masalah serupa yang sempat terjadi Maret 2021, ketika ponsel berhenti bekerja (crashed) dengan sendirinya.

Kemudian, ada pula error yang terjadi pada Android System WebView tool, yang digunakan oleh ponsel untuk me-render halaman web. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bug pada Android System WebView tool itu dengan cepat menyebar ke aplikasi lain.

Terkait error pop-up "Google terus berhenti" yang terjadi hari ini, sejumlah pihak menduga bahwa hal itu disebabkan oleh adanya bug pada pembaruan (update) aplikasi milik Google.

Dugaan tersebut salah satunya diungkapkan oleh General Manager Xiaomi Indonesia Alvin Tse, melalui akun Twitter-nya, Selasa (22/6/2021).

"Sepertinya ada bug Google yang baru saja muncul hari ini. Tim sedang menyelidikinya. Sementara itu jika Anda melihat pembaruan (update) untuk aplikasi Google di playstore, harap tunda pembaruan," tulis Alvin Tse.

Baca juga: Pengguna Android Keluhkan Google Terus Berhenti dan Google Keeps Stopping

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X