Jadwal, Lokasi, dan Syarat Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Gratis di Sejumlah Daerah: Dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, hingga Makassar

Kompas.com - 22/06/2021, 13:31 WIB
Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk para stakeholders di lingkungan Bandara Hang Nadim. HUMAS BP BATAMBadan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk para stakeholders di lingkungan Bandara Hang Nadim.

KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 nasional kini mulai menyasar masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun.

Sebelumnya, pada tahap awal, vaksinasi Covid-19 memang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) di seluruh Indonesia.

Kemudian, setelah target itu terpenuhi, vaksinasi diprioritaskan untuk masyarakat lanjut usia (lansia) dan pekerja sektor publik.

Saat ini, masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas sudah bisa mengajukan diri untuk menjadi penerima vaksin melalui mekanisme yang ada.

Vaksin diberikan secara gratis, tanpa dipungut biaya.

Baca juga: Tembus 2 Juta Kasus, Berikut Provinsi dengan Kasus Covid-19 Tertinggi di Indonesia

Berikut informasi lengkap terkait vaksinasi 18 tahun ke atas, yang telah mulai digulirkan di sejumlah daerah di Indonesia:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Jakarta

Diberitakan Kompas.com, Jumat (11/6/2021) Kementerian Kesehatan telah memberikan izin pelaksanaan vaksinasi virus corona dengan target masyarakat umum di DKI Jakarta

Pendaftaran sebagai peserta vaksinasi dapat dilakukan melalui aplikasi Peduli Lindungi atau link pendaftaran yang disediakan tempat vaksinasi.

Adapun vaksinasi dapat dilakukan di seluruh fasilitas vaksinasi DKI Jakarta, salah satunya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Pelayanan vaksinasi di RSCM berlangsung setiap hari pukul 08.00-12.00, di Poliklinik Madya RSCM.

Untuk mendapatkan layanan vaksinasi, peserta wajib mempunyai KTP DKI Jakarta atau surat keterangan domisili DKI Jakarta.

Untuk wilayah lain, dapat dilihat di sini.

Baca juga: Efektivitas Vaksin Covid-19 terhadap Varian Alpha hingga Delta

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X