Dua Juta Kasus Covid-19 dan Kontribusi Minimal yang Bisa Kita Lakukan

Kompas.com - 22/06/2021, 09:19 WIB
Ilustrasi PIXABAYIlustrasi

Hai, apa kabarmu? Semoga baik dan sehat selalu.

Banyak orang hari-hari ini kabarnya campur aduk atau bahkan kacau balau. Penyebabnya adalah situasi yang yang berubah begitu cepat meskipun sudah lama diprediksi dan dikhawatirkan jauh-jauh hari.

Apa yang diprediksi dan dikhawatirkan pemerintah dan banyak peneliti itu datang. Penambahan kasus positif Covid-19 melonjak tajam dari titik awal kita semua mulai khawatir menjelang libur Lebaran.

Kita masih ingat, sulitnya menyampaikan kekhawatiran ini kepada mereka yang nekat hendak mudik Lebaran. Juga ketika kekhawatiran itu nyata-nyata datang hari-hari ini, tidak mudah juga memberi pemahaman. 

Peningkatan tajam kasus terjadi sejak 7 Juni 2021 atau dua sampai tiga minggu setelah libur Lebaran. Sejak saat itu, jumlah kasus tidak pernah turun. Dari rata-rata kasus per minggu enam ribuan, naik tujuh ribuan hingga mendekati sepuluh ribuan dalam minggu ini.  

Data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 hingga Senin (21/6/2021) pukul 12.00, ada penambahan 14.536 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Ilustrasi mudik yang diminta putar balik karena larangan mudik oleh pemerintah lantaran pandemi oleh Hari Prast Ilustrasi mudik yang diminta putar balik karena larangan mudik oleh pemerintah lantaran pandemi oleh Hari Prast
Angka ini merupakan penambahan Covid-19 harian tertinggi sejak pandemi, 2 Maret 2020. Penambahan itu membuat total kasus Covid-19 di Indonesia melewati angka dua juta kasus, persisnya mencapai 2.004.445 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah total pasien meninggal karena Covid-19 mencapai 54.956 orang sejak awal pandemi. Pasien sembuh dalam sehari tercatat 9.233 orang.

Dengan penambahan jumlah pasien sembuh ini, total pasien yang sembuh dari Covid-19 mencapai 1.801.761 orang.  Saat ini, tercatat 147.728 kasus aktif Covid-19 di Indonesia.

Dengan tren yang terus naik, angka-angka ini akan bertambah menjauhi angka dua juta orang. Kita beharap lonjakan penambahan kasus ini bisa dikendalikan.

Namun, pengendalian lonjakan penambahan kasus tidak cukup hanya diharapkan. Perlu tindakan nyata sebagai konrtibusi kita. Kabar baiknya, ini bukan kali pertama. Yakinlah, kita bisa berkontribusi untuk melandaikan kurva.

Dengan cara apa? Cara sederhana yang disiplin kita lakukan sejak pandemi datang pertama-tama yaitu menerapkan protokol kesehatan.

Di tengah hadirnya Covid-19 varian baru, penting untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.FREEPIK/PROSTOOLEH Di tengah hadirnya Covid-19 varian baru, penting untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
Satu tahun lebih kita jalani hidup di masa pendemi seharusnya membangun kebiasaan baru. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir bukan lagi beban tetapi hal yang ringan dilakukan tanpa paksaan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X