Covid-19 Tembus 2 Juta, Ini Langkah Pemerintah dan Pentingnya Peran Masyarakat

Kompas.com - 22/06/2021, 09:00 WIB
Dua orang tenaga kesehatan beristirahat sejenak saat menunggu pasien di ruang isolasi COVID-19 Rumah Sakit Umum (RSU) Dadi Keluarga, Kabupetan Ciamis, Jawa Barat, Senin (14/6/2021). RSU tersebut menambah ruang isolasi untuk pasien COVID-19 menjadi 22 kamar serta menambah jumlah tenaga medis sekaligus memperpanjang jam shift kerja, untuk mengantisipasi lonjakan karena Ciamis masuk dalam zona merah COVID-19 dan Jabar masuk kategori sinyal bahaya penularan COVID-19 dari Kemenkes. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww. ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMIDua orang tenaga kesehatan beristirahat sejenak saat menunggu pasien di ruang isolasi COVID-19 Rumah Sakit Umum (RSU) Dadi Keluarga, Kabupetan Ciamis, Jawa Barat, Senin (14/6/2021). RSU tersebut menambah ruang isolasi untuk pasien COVID-19 menjadi 22 kamar serta menambah jumlah tenaga medis sekaligus memperpanjang jam shift kerja, untuk mengantisipasi lonjakan karena Ciamis masuk dalam zona merah COVID-19 dan Jabar masuk kategori sinyal bahaya penularan COVID-19 dari Kemenkes. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Indonesia hari ini sudah melampaui angka 2 juta kasus.

Data dari Satgas Penanganan Covid-19, Senin (21/6/2021), jumlah total kasus adalah 2.004.445, dengan penambahan harian sebanyak 14.536 kasus.

Sementara itu, angka kematian menyentuh 54.956 kasus, 1.801.761 kasus dinyatakan sembuh, dan 147.728 masih dalam penanganan.

Lonjakan Covid-19 ini membuat tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (BOR) turut meningkat tajam.

Jika situasi ini terus berlanjut, dikhawatirkan Covid-19 di Indonesia semakin tak terkendali.

Baca juga: UPDATE: Tambah 14.536 Orang, Kasus Covid-19 Indonesia Lewati 2 Juta

Langkah pemerintah

Dalam konferensi pers daring Sekretariat Presiden, Senin (21/6/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah menyiapkan sejumlah hal menghadapi peningkatan kasus yang terjadi saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baik jumlah tempat tidur, obat-obatan, APD, maupun tenaga kesehatan.

Namun, ada hal yang lebih penting untuk disiapkan, yakni menjaga kondisi kesehatan masyarakat jangan sampai ikut ke dalam kelompok yang sakit.

"Kami sampaikan saat ini memang terjadi peningkatan yang sangat luar biasa, dan itu penting untuk bisa fokusnya ke sisi hilir, penanganan rumah sakit, lebih penting lagi fokus ke sisi hulu, bagaimana kita mencegah agar orang sehat ini jangan menjadi sakit," kata Menkes.

PPKM diperketat dan vaksinasi dipercepat

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X