Pembangkit Nuklir China Dilaporkan Bocor, Berbahayakah?

Kompas.com - 21/06/2021, 16:30 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Taishan bersama Sino-Prancis di luar kota Taishan di provinsi Guangdong pada 8 Desember 2013. AFP PHOTO/PETER PARKSPembangkit Listrik Tenaga Nuklir Taishan bersama Sino-Prancis di luar kota Taishan di provinsi Guangdong pada 8 Desember 2013.

KOMPAS.com – Pembangkit nuklir China yang berlokasi di dekat Hong Kong dikabarkan mengalami masalah menyusul adanya laporan potensi kebocoran radioaktif.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Taishan yang bocor tersebut adalah milik Grup Tenaga Nuklir China Guangdong dan utilitas listrik multinasional Perancis Lectricite de France yang sebagian besar merupakan milik Framotome.

CNN memberitakan, Framotome telah menulis surat kepada Departemen Energi AS yang memperingatkan bahwa ancaman radiologi akan segera terjadi.

Framotome sendiri membantu pengoperasian pembangkit listrik tersebut.

Pihaknya juga menuduh pihak berwenang China telah menaikkan batas penerimaan lingkungan terhadap radiasi untuk menghindari keharusan mematikan pembangkit listrik tersebut.

Lantas, apakah kebocoran ini bisa berbahaya?

 Baca juga: China Mengaku Ada Kerusakan di Pembangkit Nuklir Taishan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari CNN, salah seorang sumber mengatakan untuk sementara pihak berwenang AS menyebut masalah pada pembangkit listrik tersebut saat ini belum berada pada tingkat kritis yang mengkhawatirkan.

Situasi ini juga dianggap tidak menimbulkan ancaman keselamatan yang parah bagi pekerja pabrik maupun publik China.

Apa yang terjadi diangggap aneh oleh banyak pihak mengingat hal yang tidak biasa ketika sebuah perusahaan asing secara sepihak menghubungi pemerintah Amerika untuk meminta bantuan saat mitranya di China belum mengakui adanya masalah.

Meski demikian pemerintahan Biden sejauh ini disebut telah membahas situasi tersebut dengan pemerintah Perancis dan para ahlinya di Departemen Energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X