Hari Ini Ada Fenomena Titik Balik Matahari, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 21/06/2021, 07:29 WIB
Titik balik matahari atau Summer solstice di gurun utah SHUTTERSTOCK/HEATH KNIGHTTitik balik matahari atau Summer solstice di gurun utah

KOMPAS.com - Fenomena Titik Balik Matahari atau disebut dengan Solstis akan terjadi pada hari ini, Senin (21/6/2021).

Ketika terjadi fenomena itu, penduduk di belahan Bumi bagian utara maupun selatan akan melihat Matahari terbit dari arah timur laut dan terbenam dari arah barat laut.

Peneliti di Pussainsa LAPAN Andi Pangerang mengatakan, Matahari memungkinkan untuk terbit sekaligus di utara ketika pengamat berada di sekitar lingkat kutub.

Bahkan, ada fenomena yang disebut sebagao Matahari Tengah Malam, yaitu saat matahari terbit sekaligus terbenam ketika tengah malam untuk lingkar kutub utara.

Baca juga: Fenomena Titik Balik Matahari pada 21 Juni, Durasi Siang Bisa Lebih Lama 

Siang akan lebih lama

Ia menjelaskan, adanya fenomena Titik Balik Matahari ini akan berdampak pada waktu siang lebih lama untuk belahan utara dan lebih singkat untuk belahan Bumi bagian selatan.

Bahkan, kota-kota yang terletak di lingkar kutub akan mengalami siang selama 24 jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Wilayah-wilayah seperti Norwegia bagian utara, Swedia bagian utara, Finlandia bagian utara, kawasan Siberia dan Bering, serta pulau-pulau di Kanada bagian utara juga mengalami siang 24 jam tiada henti ketika Solstis Juni ini," kata Andi, seperti diberitakan Kompas.com, 18 Juni 2021.

Sebaliknya, di kutub selatan secara umum mengalami malam yang sangat panjang yakni 24 jam.

Selain itu, matahari juga akan terlihat lebih tinggi di belahan Bumi utara.

"Kalau di lintang sedang (>23,5 derajat), Matahari akan lebih tinggi ketika transit/kulminasi. Sementara untuk sekitar ekuator, tergantung dari belahan bumi manakah masyarakat bertempat," jelas dia.

Menurutn Andi, Titik Balik Matahari di daerah Sabang akan menyebabkan matahari berada pada ketinggian 72,5 derajat di arah utara.

Sementara di Pulau Rote, Titik Balik Matahari menyebabkan matahari berada pada ketinggi 55,5 derajat di arah utara.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X