Kompas.com - 20/06/2021, 19:05 WIB
Cara Membuat Kartu Kuning untuk Pencari Kerja KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Membuat Kartu Kuning untuk Pencari Kerja

KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan, pembuatan kartu kuning atau kartu Pencari Kerja (AK/I) tidak dikenakan biaya alias gratis.

Ida mengatakan, jika mendapati ada petugas yang meminta pungutan dalam proses pembuatan kartu kuning, maka bisa dilaporkan ke pihak berwajib.

"Apabila ada petugas yang meminta pungutan, laporkan saja ke pihak ke berwajib dan petugas yang meminta pungutan akan dikenakan sanksi tegas," kata Ida, dikutip dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, Sabtu (19/6/2021).

Ida menambahkan, belakangan ini permintaan pembuatan kartu kuning di berbagai daerah dilaporkan meningkat.

Menurut dia, hal itu karena ada persiapan pendaftaran CPNS, dan lulusan yang mencari kerja, serta para pekerja yang terdampak pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Ida menginstruksikan jajaran Dinas Ketenagakerjaan di daerah untuk memberikan pelayanan maksimal serta tidak mempersulit para pencari kartu kuning.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami meminta para kepala dinas untuk memberikan pelayanan yang baik, maksimal, memudahkan para pemohon yang mengajukan diri untuk pengurusan kartu AK/I. Jangan dipersulit!" kata Ida.

Baca juga: Siapkan 5 Dokumen Ini untuk Membuat Kartu Kuning

Tentang kartu kuning

Diberitakan Kompas.com, 19 April 2021, kartu kuning adalah kartu tanda pencari kerja atau disebut juga dengan kartu AK/I.

Kartu tersebut dikeluarkan oleh lembaga pemerintah, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), yang dibuat untuk pendataan para pencari kerja.

Isi dari kartu kuning adalah informasi dari pemilik kartu, seperti nomor induk kependudukan di KTP, data kelulusan, hingga nama-nama sekolah tempat pencari kerja mendapat gelar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X