Persiapan Daftar, Pahami Lagi Materi Soal SKD CPNS 2021

Kompas.com - 20/06/2021, 18:30 WIB
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. AFP/JUNI KRISWANTOPeserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

KOMPAS.com - Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) diperkirakan akan segera dibuka.

Meskipun jadwal pendaftaran belum diumumkan, Anda dapat melakukan persiapan, seperti menyiapkan persyaratan dokumen hingga mempelajari materi yang akan diujikan.

Nantinya, peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes, termasuk seleksi kompetensi dasar (SKD).

Lantas, apa saja materi soal SKD CPNS 2021?

Baca juga: Jadwal CPNS 2021 dan Ketentuan SKD: Jumlah Soal, Waktu, Nilai Ambang Batas dan Kisi-kisi

Materi soal SKD CPNS 2021

Materi SKD CPNS 2021 tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengedaan Pegawai Negeri Sipil.

Materi SKD CPNS 2021 terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Materi-materi SKD tersebut tercantum dalam Pasal 36, 37, dan 38, yakni:

1. Tes wawasan kebangsaan

Tes ini bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan pelamar mengemplementasikan beberapa hal, seperti nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara.

a. Nasionalisme

Ini bertujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

b. Integritas

Tujuannya mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

 

c. Bela negara

Ini bertujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

d. Pilar negara

Tujuannya mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga: INFOGRAFIK: 9 Syarat Umum CPNS dan Dokumen yang Disiapkan

2. Tes intelegensia umum

Tes bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan beberapa hal, yakni:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X