Apa Itu Sindrom Mulut Terbakar? Ini Gejala dan Penanganannya

Kompas.com - 20/06/2021, 09:30 WIB
Kenali gejala sindrom mulut terbakar dan lakukan pertolongan pertama di rumah. Unsplash/Diana PolekhinaKenali gejala sindrom mulut terbakar dan lakukan pertolongan pertama di rumah.

KOMPAS.com - Problema di rongga mulut tak hanya bisa berupa sariawan saja, namun juga bisa berupa sindrom mulut terbakar.

Gangguan ini memiliki keluhan mulut serasa terbakar, seperti habis menenggak air dengan suhu yang terlalu panas.

Sensasi terbakar ini bisa menyelimuti seluruh rongga mulut. Yang terutama akan terasa pada langit-langit mulut, lidah dan bibir.

Dilansir dari Healthline, gangguan ini bisa datang secara tiba-tiba dan sembuh dengan sendirinya. Atau bisa pula menjadi kronis dan membutuhkan bantuan dari ahli medis.

Dari penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Oral Medicine, sindrom ini mengenai 2 persen dari populasi masyarakat. Dan tercatat, kaum wanita lah yang lebih sering mengalami sindrom mulut terbakar daripada kaum laki-laki.

Baca juga: Apa Bedanya Rematik dan Arthritis? Simak Gejala dan Perawatannya

Gejala sindrom mulut terbakar

Dicukil dari Huffpost, Juliet James, seorang penderita sindrom mulut terbakar, mengaku merasakan sensasi aneh di rongga mulut secara tiba-tiba pada bulan Oktober 2018.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

James mengatakan bahwa sensasi mulut terasa melepuh seperti habis terkena air panas itu terjadi secara tiba-tiba tanpa ada gejala awal sama sekali.

Dari sensasi yang terasa ringan, berkembang menjadi sensasi terbakar yang menyiksa hampir setiap malam. Sindrom mulut terbakar sudah menyiksa James selama 30 bulan lamanya.

Gejala sindrom mulut terbakar memang bervariasi, dari ringan hingga parah. Ada yang menyatakan bahwa lidah dan langit-langit mulut terasa melepuh seperti habis meminum atau memakan sajian yang bersuhu terlalu panas.

Namun ada pula yang mengatakan rasanya hanya seperti mati rasa di beberapa titik di rongga mulut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X