INFOGRAFIK: Efektivitas Vaksin Covid-19 Tangkal Varian Alpha hingga Delta

Kompas.com - 20/06/2021, 09:00 WIB
Efektivitas Vaksin Covid-19 Tangkal Varian Alpha hingga Delta KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoEfektivitas Vaksin Covid-19 Tangkal Varian Alpha hingga Delta

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan bahwa tiga varian virus corona dari luar negeri kini telah masuk di Indonesia.

Ketiganya yakni varian Alpha B.1.1.7 asal Inggris, varian Delta B.1.617.2 asal India, serta varian Beta B.1.351 yang berasal dari Afrika Selatan. 

Sejumlah varian virus corona tersebut diduga menjadi salah satu pemicu terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia. 

Meksipun demikian, Kementerian Kesehatan memastikan bahwa vaksin yang ada saat ini masih efektif untuk mencegah seseorang mengalami kondisi parah karena infeksi virus. 

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi menegaskan bahwa vaksin Covid-19 yang saat ini digunakan efektif terhadap mutasi virus corona. 

“Sampai saat ini belum ada penelitian ataupun bukti ilmiah yang menunjukkan vaksin yang telah diproduksi dan telah digunakan di berbagai belahan dunia tidak bisa melindungi kita dari virus varian baru ini. Vaksin yang digunakan dalam upaya kita melakukan penanggulangan pandemi covid 19 masih sangat efektif,” tegas dr. Nadia. 

Selengkapnya dapat disimak dalam infografik berikut ini: 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Efektivitas Vaksin Covid-19 Tangkal Varian Alpha hingga Delta

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X