Cara Membuat Donat Kentang Enak dan Empuk dengan Adonan yang Mengembang Sempurna

Kompas.com - 20/06/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi donat kentang. Dok. Shutterstock/ Diade Riva NugrahaniIlustrasi donat kentang.

KOMPAS.com - Ingin memakan donat kentang lezat kini tak melulu harus membeli dahulu. Kamu bisa membuat donat sendiri di dapur rumah dengan hasil yang sempurna. Cara membuat donat juga sederhana dan mudah.

Selain cara memasaknya, hal yang tak kalah penting dalam membuat donat kentang agar hasilnya empuk dan lezat adalah bagian ketika membuat adonan donat. Kamu harus perhatikan cara membuat donat agar hasil adonannya lembut dan mengembang sempurna.

Ada 4 tips membuat adonan donat agar mengembang sempurna dan lembut yang dikutip dari buku "Seri Makanan Trendi untuk Usaha Boga - Donat Goreng & Panggang" oleh Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama. Apa saja?

Baca juga: Resep Donat Goreng Keju, Alternatif Buat yang Kurang Suka Manis

Tips membuat adonan donat mengembang sempurna

  • Aduk adonan sampai kalis

Yang pertama adalah ketika mengaduk adonan donat. Usahakan mengaduk adonan donat sampai kalis. Tujuannya agar tekstur donat baik dan lembut.

  • Istirahatkan adonan donat

Selanjutnya istirahatkan adonan donat. Setelah mengaduk adonan donat sampai kalis, istirahatkan selama lebih kurang 20-45 menit. Diamkan sampai mengembang dua kali lipat dari ukuran semula.

Pastikan untuk menyimpan adonan dalam wadah bertutup lap basah pada proses proofing tersebut. Lap basah bertujuan untuk menghindari adonan donat mengering.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Kempiskan adonan donat

Tips yang ketiga adalah mengempiskan adonan donat setelah proses proofing. Ini bertujuan untuk mengeluarkan udara dalam adonan.

Pasalnya, udara dalam adonan tersebut dapat membuat donat menjadi keras kalau tidak dikeluarkan. Menurut Epicurious, cara mengempiskan adonan cukup menggunakan kepalan tangan.

Pukul secara perlahan ke arah adonan sampai kempis. Selanjutnya, uleni kembali adonan sebentar agar tercampur rata lagi.

Baca juga: Resep Donat Kentang Empuk Anti Gagal, Beri Glaze Sesuai Selera

  • Jangan over proofing

Hindari adonan donat mengembang secara berlebihan (over-proofing) karena akan menyebabkan donat mudah kempes.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X