10 Kuliner Bandung yang Paling Dicari Wisatawan

Kompas.com - 19/06/2021, 09:00 WIB
Jalan Sudirman di Bandung yang terkenal sebagai sentra kuliner malam hari. Dok. Tribun Jabar/ Hilda RubiahJalan Sudirman di Bandung yang terkenal sebagai sentra kuliner malam hari.

KOMPAS.com - Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang sering dijadikan tujuan wisata. Tidak hanya identik dengan wisata belanja dan budaya, Bandung juga terkenal dengan kekayaan kulinernya.

Kuliner Bandung terbilang sangat beragam, mulai dari kaki lima, cafe, hingga restoran. Tak heran Bandung menjadi destinasi wisata kuliner yang populer.

Sebut saja beberapa kuliner khas kota kembang yang sudah dikenal karena cita rasanya seperti mi kocok, siomay, batagor, atau surabi.

Tidak hanya keempatnya, masih banyak ragam kuliner lain di Bandung yang patut dicoba. Sebagai referensi, berikut adalah daftar tempat wisata kuliner Bandung yang bisa kamu kunjungi. Apa saja?

Baca juga: 11 Tempat Kuliner di Petak Enam Glodok, Kuotie hingga Cempedak Legendaris

1. Ronde Alkateri

Bandung merupakan kota dengan suhu yang cukup dingin. Untuk menghangatkan badan di malam hari, kuliner yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Dia adalah Ronde Alkateri. Ronde Alkateri termasuk salah satu kuliner legendaris di Bandung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berlokasi di Jalan Alkateri, tak jauh dari Alun-alun Bandung, Ronde Alkateri sudah berdiri sejak tahun 1984. Rasa hangat dan manis khas ronde jahe tradisional sangat cocok dinikmati di tengah dinginnya udara Bandung.

Kamu bisa pilih bola-bola ronde besar atau kecil warna warni dan dipadukan dengan kuah gula merah atau gula putih. Bola-bola yang besar berisi isian kacang yang manis dan gurih.

Ilustrasi wedang ronde dalam mangkuk kecil. SHUTTERSTOCK/MARTANTO SETYO HUSODO Ilustrasi wedang ronde dalam mangkuk kecil.

2. Kawasan Punclut

Sudah sejak lama, kawasan Punclut menjadi buruan pecinta kuliner. Kawasan Punclut cocok bagi kamu yang memang mencari hidangan khas Sunda lengkap dengan lalapan, nasi merah, dan sambel terasi yang lezat.

Lokasinya berada sekitar 7 kilometer dari pusat kota, ke arah Jalan Ciumbuleuit hampir mengarah ke Lembang. Punclut merupakan wisata kuliner dengan konsep warung nasi berjejer di sepanjang jalan.

Makanan di kawasan Punclut yang ditawarkan beragam, terutama makanan berat khas sunda. Di sini, pengunjung bisa mencoba nasi putih, merah, dan hitam.

Baca juga: 9 Tempat Kuliner di Yogyakarta yang Harganya Terjangkau

3. Lotek Kalipah Apo

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X