Surat Terbuka untuk Jokowi: Situasi Pandemi Covid-19 Saat Ini Sudah Genting!

Kompas.com - 19/06/2021, 08:30 WIB
Tangkapan layar unggahan dari Koalisi LaporCovid-19 soal surat terbuka desakan penanganan pandemi Covid-19 untuk Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). INSTAGRAM.com/@LAPORCOVID19Tangkapan layar unggahan dari Koalisi LaporCovid-19 soal surat terbuka desakan penanganan pandemi Covid-19 untuk Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

KOMPAS.com - Tim Koalisi Warga LaporCovid-19 mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo agar segera mengambil "langkah kuda" untuk menangani pandemi Covid-19 yang dianggap sudah genting saat ini.

Surat terbuka itu dipublikasikan melalui akun Instagram @laporcovid19.

Hingga Jumat (18/6/2021) pukul 17.00 WIB, surat terbuka yang digalang secara daring ini sudah ditandatangi oleh 340 orang yang terdiri dari berbagai kalangan.

Mereka yang menyatakan dukungan atas desakan ini berasal dari kalangan profesor, mahasiswa, ibu rumah tangga, dokter, musisi, rohaniwan, guru, karyawan swasta, aktivis, hingga relawan Covid-19.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Anies soal Fase Genting Covid-19 Jakarta?

Membangun sense of crisis

Inisiator LaporCovid-19, Ahmad Arif mengatakan, tujuan penggalangan dukungan melalui surat terbuka itu adalah untuk membangun "sense of crisis", atau kepekaan dalam menghadapi krisis yang diakibatkan pandemi Covid-19.

"Untuk membangun sense of crisis bahwa situasi saat ini sudah genting," kata Ahmad Arif, yang biasa disapa Aik, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/6/2021) sore.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, pemerintah maupun masyarakat perlu menyadari bahaya yang ada di depan mata untuk menghindari tragedi "tsunami" Covid-19 seperti di India.

Melalui surat terbuka ini, LaporCovid-19 menyampaikan sejumlah harapan serta solusi-solusi yang harus dilakukan. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh LaporCovid-19 (@laporcovid19)

Lamban bergerak

Koalisi LaporCovid-19 menilai, pemerintah saat ini cenderung lamban mengantisipasi laju penularan virus corona.

Apalagi, dengan munculnya berbagai varian baru Covid-19 yang semakin mempercepat laju penularan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X