Viral Video Matahari Terbit dari Utara, Ini Penjelasan Ilmiah Lapan

Kompas.com - 18/06/2021, 11:30 WIB
Matahari terbit di Murmansk setelah malam kutub yang panjang selama 40 hari. Screengrab InstagramMatahari terbit di Murmansk setelah malam kutub yang panjang selama 40 hari.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video memperlihatkan matahari terbit dari utara di Jeneponto, Sulawesi Selatan, viral di media sosial.

Video itu seperti yang diunggah oleh akun Twitter, @SaveMoslem1, pada Kamis (17/6/2021).

"Benar gak nih ??? Ada yg bisa info ???

Matahari terbit di sebelah Utara Daeran Jeneponto Sulawesi," tulis dia.

https://twitter.com/SaveMoslem1/status/1405557505481007108

Peristiwa yang sama juga dilaporkan seorang guru Madrasah yang merekam kejadian di wilayah sama pada Kamis (17/6/2021) pukul 08.00 Wita.

Beragam tanggapan pun datang dari netizen yang menerima informasi tersebut. Sebagian menganggapnya sebagai fenomena alam yang wajar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mau gerak semu gerak apa ke nama y,.. Dikit2 dh di mulai nh.. Perjalanan msh panjang ayo perbanyak perbekalan.mumpung msh ada wkt nh," tulis akun Twitter @AailhamNazeer82.

Baca juga: Penjelasan BMKG soal Viral Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto Sulawesi Selatan


Penjelasan LAPAN

Menanggapi fenomena tersebut, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Dr Emanuel Sungging Mumpuni menjelaskan, fenomena tersebut biasa disebut sebagai summer solstice.

"Sebetulnya itu fenomena biasa, disebut sebagai summer solstice. Jadi pada saat itu Matahari seolah-olah terbit agak ke utara, tapi setiap tahun juga begitu," kata Sungging saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Berdasarkan penjelasan di Instagram @pussainsalapan, fenomena ini adalah salah satu fenomena astronomi yang terjadi pada minggu ketiga bulan Juni 2021.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X