Aturan Lengkap SE Menag soal Pembatasan Kegiatan Keagamaan di Zona Merah

Kompas.com - 16/06/2021, 13:45 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pemaparan saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021). Rapat kerja tersebut membahas tindak lanjut persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1442 H dan isu-isu aktual lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak AMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pemaparan saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021). Rapat kerja tersebut membahas tindak lanjut persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1442 H dan isu-isu aktual lainnya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

KOMPAS.com - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan aturan terbaru mengenai pembatasan kegiatan keagamaan di tempat ibadah, Rabu (16/6/2021).

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Di Rumah Ibadat.

Aturan ini dikeluarkan sebagai upaya pencegahan, pengendalian dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tempat ibadah.

"Saya telah menerbitkan surat edaran, sebagai panduan upaya pencegahan, pengendalian, dan pemutusan mata-rantai penyebaran Covid-19 di rumah ibadah," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, mengutip siaran pers Rabu (16/6/2021).

Baca juga: PPKM Mikro 15-28 Juni, Tempat Ibadah di Zona Merah Covid-19 Ditutup Sementara

Berikut isi Surat Edaran Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembatasan di tempat ibadah

Adapun aturan lengkap pembatasan kegiatan keagamaan di tempat ibadah, meliputi:

  • Kegiatan keagamaan di daerah zona merah ditiadakan sementara, sampai dinyatakan aman dari Covid-19 berdasarkan penetapan pemerintah daerah setempat.
  • Pengajian umum, pertemuan, pesta pernikahan dan sejenisnya di ruang serta guna di lingkungan rumah ibadat dihentikan sementara untuk daerah zona merah dan oranye.
  • Kegiatan peribadatan boleh dilakukan hanya bagi warga lingkungan setempat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, jika daerah sudah dinyatkan aman dari Covid-19.

Protokol di tempat ibadah

Sebelumnya, Kemenag telah mengatur teknis protokol kesehatan di ibadah selama pandemi dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2020.

Protokol kesehatan yang wajib diterapkan di tempat ibadah, meliputi:

  • Pastikan seluruh area tempat ibadah bersih (menggunakan disinfektan)
  • Gulung dan sikat karpet
  • Siapkan alat deteksi tubuh. Masyarakat yang terdeteksi suhunya lebih dari 38 derajat Celcius maka disarankan ke layanan kesehatan terdekat.
  • Tidak bersalaman atau cium pipi
  • Tersedia tempat mencuci tangan/hand sanitizer serta pastikan mencuci tangan secara teratur dan benar
  • Mensosialisasikan etika batuk/bersin
  • Tempat ibadah menyediakan masker/tisu
  • Menyediakan media komunikasi, informasi dan edukasi terkait pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Baca juga: [HOAKS] KTT G7 di Inggris Tidak Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X