[HOAKS] KTT G7 di Inggris Tidak Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Kompas.com - 16/06/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi hoaks. KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi hoaks.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook, beredar narasi bahwa pertemuan pemimpin dunia konferensi tingkat tinggi (KTT) G7 di Inggris tidak menerapkan protokol kesehatan.

Dari penelusuran yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut keliru. 

Acara tersebut menerapkan protokol kesehatan, dihadiri kurang dari 30 orang dan semua peserta telah menjalani tes Covid-19 dan mendapat vaksinasi.

Narasi yang beredar

Klaim yang menyebut para pemimpin dunia di KTT G7 tidak menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti jaga jarak dan karantina disebarkan oleh akun Facebook Yoshef Arieka Marchel Sastrosardjono.

Ia menyertakan tangkapan gambar yang bersumber dari Twitter @TheFreds, pada Minggu (13/6/2021) pukul 8.39 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pertemuan G-7 di Cornwall, Inggris ditengah pandemi dan pemimpin2 dunia tdk ada satupun yg menggunakan masker sementara mrk selalu menghimbau gunakan masker ke rakyat dunia. Di lingkaran merah dibelakang para pekerja diminta bermasker," tulis dia

Sementara, tangkapan gambar dari Twitter yang ia sertakan menyebut bahwa para pemimpiin dunia tidak menerapkan jaga jarak dan karantina.

Berikut narasi yang ditulis dalam bahasa Inggris itu:
"Ini keajaiban, tanpa masker, tanpa jaga jarak, tanpa karantina, orang kaya kebal terhadap virus. Puji tuhan!!!"

Beredar informasi di Facebook yang menyebut pemimpin dunia pada KTT G7 tidak menerapkan protokol kesehatan di Cornwall, Inggris 11-13 Juni 2021.akun Facebook Yoshef Arieka Marchel Sastrosardjono Beredar informasi di Facebook yang menyebut pemimpin dunia pada KTT G7 tidak menerapkan protokol kesehatan di Cornwall, Inggris 11-13 Juni 2021.

Penelusuran Kompas.com

Dari penelusuran Kompas.com, informasi yang menyebut para pemimpin dunia di KTT G7 tidak karantina dan jaga jarak adalah salah.

Melansir USA Today, juru bicara perdana menteri Inggris, Max Blain menjelaskan acara itu dihadiri kurang dari 30 orang, semua peserta telah menjalani tes Covid-19 dan mendapat vaksinasi.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X