Mengapa Beberapa Aroma Susah Hilang? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kompas.com - 15/06/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi bau kaki shutterstockIlustrasi bau kaki

KOMPAS.com - Ada beberapa aroma atau bau yang susah hilang. Ia menempel di kasur, di sofa, atau malah di peralatan makan.

Terkadang setelah mandi dan keramas, bau rokok masih juga tak mau hilang dari helai rambut. Atau sering terjadi, setelah hewan peliharaan dimandikan dan sofa dibersihkan, ternyata aroma apek tubuhnya masih melekat di atas sofa.

Dicukil dari Live Science, hidung dan otak kita bisa mendeteksi jutaan bahkan trilyunan jenis aroma yang berbeda-beda.

Tapi beberapa aroma yang mengendap di sana sini, nampak susah hilang dan mudah sekali tercium oleh cuping hidung.

Baca juga: Mudah, Ini 4 Cara Menghilangkan Bau Susu Basi di Dalam Botol

Cara kerja indera penciuman

Indera penciuman kita akan aktif ketika sensor di dalam hidung yang dinamakan olfactory receptor neurons bereaksi pada molekul-molekul di udara bebas. Rangsangan molekul inilah yang membawa sinyal kepada otak.

Christopher Cramer, profesor kimia University of Minnesota mengatakan bahwa reseptor yang berbeda-beda akan mengidentifikasi molekul yang berbeda-beda pula berdasar bentuk molekul dan atom-atom yang membentuknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa molekul memiliki sandi-sandi khusus yang sangat spesifik, sedangkan molekul lain memiliki kode yang lebih umum. Molekul dengan sandi khusus inilah, yang biasanya meninggalkan aroma yang susah hilang.

"Beberapa senyawa dikelompokkan sebagai aroma yang menyenangkan, sedangkan sebagian lagi dikelompokkan secara otomatis sebagai aroma yang tak mengenakkan," ujar Christopher Cramer.

Molekul yang ada pada tembakau memiliki komposisi lebih rumit. Ribuan senyawa dalam tembakau keluar ketika mengalami proses pembakaran. Dan senyawa yang tertinggal di sisa pembakaran tembakau bisa menempel erat pada pakaian, karpet, dan beberapa bahan tekstil lain.

Sedangkan bau apek dari bulu basah anjing, susah hilang karena mikroorganisme yang menempel di bulu dan kulit anjing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X