Mendamba Indonesia Berlaga di Piala Dunia

Kompas.com - 15/06/2021, 18:44 WIB
Laga timnas Indonesia vs UEA pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam WIB. Dok. PSSILaga timnas Indonesia vs UEA pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam WIB.

BEGITU besar rasa cinta saya kepada Indonesia maka pada tahun 2018 secara khusus saya menulis sebuah buku direncanakan berjudul pendek Sepakbolamologi namun setelah dipertimbangkan lebih jauh akhirnya diganti oleh redaksi penerbit menjadi judul lebih berkepanjangan serta lebih nasionalistis yaitu Mendamba Indonesia Berlaga Di Piala Dunia.

Nasionalisme

Naga-naganya gelora cita-cita nasionalisme saya dalam bidang sepakbola masih belum berhasil menjadi kenyataan.

Terberitakan bahwa Kualifikasi Piala Dunia 2022 meski masih dalam suasana cemas dirundung Corona terbukti tetap nekat diselenggarakan telah rampung pada 11-12 Juni 2021.

Kirgistan menaklukkan Myanmar 8-1 di Yanmar Stadium, Jepang. Iran menggunduli Kamboja di Bahrain National Stadium dengan skor 10-0.

Maladewa bertekuk lutut 0-5 melawan China di Sharjah Stadium. Sementara Australia berjaya menjegal Nepal dengan skor 3-0.

Afghanistan-Oman 1-2, Yaman-Uzbekistan 0-1, Singapura-Arab Saudi 0-3, Kuwait sama kuat atau sama lemah 0-0 versus Yordania.

Sementara mujur tak bisa diraih, malang tak bisa ditolak skuad Garuda kebanggaan saya gugur secara gundul plontos dengan skor 0-5 ketika berhadapan dengan kesebelasan Uni Emirat Arab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tersingkir

Dengan demikian terpaksa dengan berat mau pun ringan hati tergantung siapa yang menafsirkan sudah dapat dipastikan bahwa Timnas Indonesia tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Enam kekalahan dan satu hasil imbang pada partai lanjutan putaran kedua Zona Asia Grup G menjadi penyebabnya.

Kekalahan terhadap Malaysia (2-3, 0-2), Thailand (0-3), Uni Emirates Arab (0-5), dan Vietnam (1-3, 0-4), serta hasil seri 2-2 kontra Thailand menempatkan Timnas Indonesia di dasar klasemen Grup G dengan satu poin.

Keajaiban juga sulit menyelamatkan Tim Indonesia dari ketersingkiran dari gelanggang Piala Dunia 2022 di Qatar. Dambaan saya masih harus tetap bertahan sebagai dambaan.

Sambil secara andaikatamologis menghibur diri bahwa Indonesia kalah hanya gegara Corona, coba saja andaikata tidak ada Corona pasti Indonesia berjaya, terpaksa saya haya bisa bersabar menunggu sampai 2026 di mana Insya Allah kesebelasan kebanggaan saya akhirnya bisa ikut berlaga di Piala Dunia.

Memang pada tahun 1938 sebenarnya tim sepakbolawan Nusantara sudah pernah ikut berlaga di gelanggang perebutan Piala Dunia namun pada masa itu nama yang digunakan masih Hindia-Belanda.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X