Studi: Varian Delta Meningkatkan Risiko Rawat Inap Pasien Covid-19

Kompas.com - 15/06/2021, 16:53 WIB
Ilustrasi varian Covid-19 India menyebabkan lonjakan kasus di Inggris. Ilmuwan mendesak agar pemerintah meningkatkan vaksinasi. SHUTTERSTOCK/PETERSCHREIBER MEDIAIlustrasi varian Covid-19 India menyebabkan lonjakan kasus di Inggris. Ilmuwan mendesak agar pemerintah meningkatkan vaksinasi.

KOMPAS.com - Varian Covid-19 B.1.617.2 atau Delta meningkatkan risiko rawat inap bagi pasien virus corona dibandingkan varian B.1.1.7 atau Alpha.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Lancet itu mengamati 19.542 kasus komunitas dan 337 rawat inap di antara 5,4 juta orang Skotlandia.

Sebanyak 7.723 kasus dan 134 rawat inap di antaranya ditemukan memiliki varian Delta.

Profesor epidemiologi kesehatan masyarakat University of Strathclyde Chris Robertson mengatakan, varian Delta menggandakan risiko rawat inap, menyesuaikan dengan usia dan komorbiditas.

Baca juga: Menyebar di Kudus, Ini Bahaya dari Virus Corona Varian Delta

Beruntung, dua dosis vaksin masih mampu memberikan perlindungan yang kuat.

"Jika Anda dites positif Covid-19, maka dua dosis vaksin atau satu dosis selama 28 hari secara kasar mengurangi risiko Anda dirawat di rumah sakit hingga 70 persen," kata dia, dikutip dari Reuters.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Studi tersebut juga memaparkan bukti awal yang menunjukkan perlindungan vaksin terhadap varian Delta mungkin lebih dari efetivitasnya terhadap varian Alpha.

Dua minggu setelah dosis kedua, vaksin Pfizer-BioNTech ditemukan memiliki 79 persen perlindungan terhadap infeksi dari varian Delta.

Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan 92 persen terhadap varian Alpha.

Untuk vaksin Oxford-AstraZeneca, ada 60 persen perlindungan terhadap Delta dan 73 persen untuk Alpha.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X