Kompas.com - 15/06/2021, 12:04 WIB
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Gadjah Mada (UGM). UTBK di UGM ini dilaksanakan dalam dua gelombang. (Foto Dokumentasi Humas UGM) KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAPelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Gadjah Mada (UGM). UTBK di UGM ini dilaksanakan dalam dua gelombang. (Foto Dokumentasi Humas UGM)

KOMPAS.com - Hasil tes UTBK-SBMPTN 2021 telah diumumkan pada Senin (14/6/2021) sore.

Pengumuman dilakukan secara online melalui puluhan laman yang disediakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo mengatakan, peserta yang mengikuti tes dapat mengunduh sertifikat UTBK 2021.

Adapun sertifikat ini, nantinya juga dapat digunakan peserta yang tidak lolos, untuk mendaftar ke perguruan tinggi melalui jalur selain SBMPTN, sesuai ketentuan masing-masing universitas.

Budi menjelaskan, sertifikat dapat diunduh melalui laman yang sama dengan pengumuman UTBK SBMPTN mulai Selasa (15/6/2021) pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Pengumuman SBMPTN 2021 Dibuka Pukul 15.00 WIB, Ini Cara Lihat Hasilnya

Bagaimana caranya?

Hasil UTBK SBMPTN bersifat pribadi sehingga tak dapat diakses secara umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengunduh sertifikat UTBK, peserta perlu kembali login ke laman yang tersedia, https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Siapkan data nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

“(Pengunduhan sertifikat UTBK 2021) sama dengan pengumuman, masuk ke laman. (Masukkan) nomor pendaftaran, tanggal lahir,” kata Budi kepada Kompas.com, Minggu (14/6/2021).

Setelah berhasil masuk, akan tersedia pilihan untuk mencetak sertifikat UTBK.

Pada sertifikat UTBK terdapat informasi data diri, nama peserta, dan skor atau nilai yang diperoleh.

Baca juga: Simak, Ini 6 PTN yang Buka Jalur Seleksi Mandiri dengan Nilai UTBK

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X