Hindari Web Down Saat Akses Pengumuman SBMPTN, Ini Imbauan LTMPT

Kompas.com - 14/06/2021, 14:16 WIB
Data yang perlu disiapkan untuk mengakses pengumuman UTBK-SBMPTN 2021 LTMPTData yang perlu disiapkan untuk mengakses pengumuman UTBK-SBMPTN 2021

KOMPAS.com - Pengumuman hasil tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 akan dilaksanakan sore ini, Senin (14/6/2021) pukul 15.00 WIB.

Peserta dapat mengakses hasil seleksi dengan membuka laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ atau 29 laman mirror dengan memasukkan nomor peserta UTBK dan tanggal lahir.

Baca juga: Hari Ini Pengumuman SBMPTN 2021, Cek Link Utama dan 29 Laman Mirror

Hindari web down

Meskipun sudah mulai bisa diakses sesuai jadwal pukul 15.00 WIB, pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) meminta peserta tidak membuka link pengumuman bersamaan di waktu yang sama. 

Hal itu untuk menghindari web pengumuman mengalami down atau crowded karena diakses bersamaan ratusan ribu orang di waktu yang bersamaan. 

Meskipun pihak panitia mengaku telah menyiapkan kapasitas akses website yang memadai untuk mengantisipasi hal tersebut. 

"Kami berharap agar tidak terjadi crowded atau kemacetan dalam proses mengakses pengumuman ini. Tentu tidak semuanya harus (mengakses) jam 15.00 secara bersama-sama. Meskipun kami sudah menyiapkan jalan atau bandwith yang cukup besar agar bisa diakses dengan lancar, termasuk sistemnya," jelas Ketua LTMPT, Mohammad Nasih. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil tidak berubah

Pihaknya menyadari semua peserta ingin segera melihat hasil pengumuman, namun Nasih mengimbau peserta untuk tidak terburu-buru mengaksesnya.

"Kami mengimbau teman-teman peserta SBMPTN untuk tidak perlu tergesa-gesa mengakses pengumuman, karena mengakses sore hari ini pukul 15.00 hasilnya akan sama dengan nanti mengakses jam 18.00, akan sama dengan nanti mengakses pukul 21.00. Mengakses besok pagi juga hasilnya tetap sama," ujar Nasih.

Baca juga: Pengumuman LTMPT: 184.942 Peserta Lolos SBMPTN 2021, Ini Rinciannya

Ia menyebut, keputusan tersebut berdasarkan pada hasil seleksi yang telah ditandatangani oleh masing-masing rektor perguruan tinggi yang mengikuti SBMPTN.

"Keputusan dan SK Rektor sudah ditandatangani oleh semua rektor sesuai dengan perguruan tinggi masing-masing, artinya (hasil seleksi) itu tidak mungkin berubah," ujar dia.

Selain itu, akses yang dilakukan dalam waktu bersamaan oleh banyak pihak juga dikhawatirkan dapat mengganggu kelancaran akses web pengumuman.

Peserta lulus SBMPTN 2021: 184.942 orang

Sebelumnya telah diumumkan, sebanyak 184.942 peserta dinyatakan lulus SBMPTN 2021. 

Sementara total peserta yang mengikuti ujian di tahun ini sebanyak 732.704 orang.

Untuk jumlah perguruan tinggi yang mengikuti SBMPTN 2021 terdiri dari 74 universitas dan institut negeri, 12 vokasi dari universitas dan institut, 40 politeknik negeri, dan 11 PT KIN.

Baca juga: Buka pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id untuk Cek Pengumuman SBMPTN 2021


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X