Fosil Dinosaurus Seukuran Lapangan Basket Ditemukan di Australia

Kompas.com - 13/06/2021, 19:28 WIB
Ilustrasi dinosaurus karnivora, keluarga Tyrannosaurus rex (T-Rex), T.rex. SHUTTERSTOCK/OrlaIlustrasi dinosaurus karnivora, keluarga Tyrannosaurus rex (T-Rex), T.rex.

KOMPAS.com - Para peneliti di Australia telah mengonfirmasi penemuan spesies dinosaurus terbesar yang pernah ada di Australia.

Mengutip NPR, fosil dinosaurus yang diberi nama Australotitan cooperensis ini memiliki panjang 25-30 meter dan tinggi 5-6,5 meter.

Beratnya antara 25 sampai 81 ton. Sebagai perbandingan, Tyrannosaurus rex memiliki panjang sekirar 40 kaki (12 meter) dan tinggi 12 kaki (3,6 meter).

Ahli paleontologi yang terlibat dalam penemuan itu, mengatakan, fosil tersebut salah satu dari 15 dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di dunia dan memiliki ukuran sama dengan raksasa yang ditemukan di Amerika Selatan.

Baca juga: Ilmuwan Berhasil Identifikasi Fosil Dinosaurus Berusia 115 Juta Tahun

Tulang fosil pertama sebenarnya digali kembali pada tahun 2006 dan 2007.

Setelah bertahun-tahun melakukan analisis, ahli paleontologi dari Museum Queensland dan Museum Sejarah Alam Eromange, dapat mengonfirmasi bahwa tulang tersebut berasal dari dinosaurus terbesar di Australia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penemuan ini dipublikasikan dalam peer-review jurnal PeerJ awal pekan lalu.

"Butuh waktu lama karena ini adalah pekerjaan yang sangat melelahkan. Anda harus mengeluarkan tulang dari tanah, Anda harus menyiapkan fosil dan kemudian Anda harus mempelajarinya dan membandingkannya dengan spesies dinosaurus lain di seluruh dunia," kata salah satu penulisnya, Scott Hocknull.

"Di Australia, itu pasti hewan terbesar yang pernah berjalan di pedalaman. Hewan ini sangat besar dan fantastis. Bayangkan sesuatu seukuran lapangan basket berjalan di darat," lanjut dia.

Dinosaurus itu ditemukan di dekat kota Eromanga, barat daya Queensland di pedalaman perdesaan Australia.

Baca juga: Dinosaurus Setinggi Gedung Berlantai Dua, Salah Satu Makhluk Terbesar di Bumi 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X