300 Juta Planet Berpotensi Dapat Dihuni, 1 Planet Ditemukan Mirip Bumi

Kompas.com - 13/06/2021, 07:56 WIB
Ilustrasi planet-planet di tata surya SHUTTERSTOCKIlustrasi planet-planet di tata surya

KOMPAS.com - Para ilmuwan terus melakukan penelitian untuk mencari kehidupan di luar bumi.

Sebelumnya, melansir Science Art, Jumat (6/11/2021), peneliti menemukan ada 300 juta planet di Bima Sakti yang berpotensi dapat dihuni.

Angka tersebut memang bukan gambaran pasti. Namun setidaknya hal itu bisa menjadi data kasar untuk mencari dunia yang dapat mendukung kehidupan di galaksi kita.

"Kepler telah memberikan data bahwa ada miliaran planet. Tetapi sekarang kami tahu sebagian besar planet itu mungkin dapat dihuni," ungkap Steve Bryosn, astronom dari Ames Research Center NASA.

Baca juga: Ahli: 300 Juta Planet di Bima Sakti Berpotensi Dapat Dihuni

Untuk memburu kehidupan lain di luar bumi, para ilmuwan meneliti eksoplanet yang memiliki karakteristik sistem mirip dengan bumi dan matahari. Jika ada kemiripan, maka potensi planet itu memiliki tempat kehidupan kian besar.

Oleh karena itu, para peneliti terus menelusuri detail terperinci dari planet-planet yang berpotensi dapat dihuni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu planet mirip bumi ditemukan

Perburuan kehidupan lain di luar bumi membuahkan hasil. Para peneliti di Jet Propulsion Laboratory NASA dan University of New Mexico Amerika Serikat menemukan sebuah planet mirip bumi dengan atmosfer aneh.

Mereka menamai planet tersebut dengan kode TOI-1231b yang mengorbit bintang katai M, atau dikenal dengan katai merah.

The Independent, Sabtu (12/6/2021) melaporkan bahwa para peneliti mampu mengkarakterisasi bintang itu, dan mengukur jari-jari, serta massa dari exoplanet TOI-1231b.

Data hasil penelitian ini memberikan gambaran bagi ilmuwan untuk mengukur kepadatan dan mendapatkan hipotesis tentang atmosfer tersebut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X