Benarkah Perempuan Lebih Sering Mengalami Rambut Rontok?

Kompas.com - 12/06/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi rambut rontok  SHUTTERSTOCK Ilustrasi rambut rontok

KOMPAS.com - Viral sebuah twit yang menyebutkan banyaknya rambut rontok yang ditemukan ketika membersihkan kamar perempuan.

Akun Twitter @sellpiimrslna, menuliskan, saat membersihkan kamar perempuan, ditemukan 10 persen debu dan 90 persen rambut rontok.

Unggahan itu disukai lebih dari 12.700 kali dan dibagikan ulang lebih dari 3.100 kali.

Di kolom komentar, sejumlah pengguna Twitter menyatakan setuju dengan hal itu. Menurut mereka, rambut rontok sering dialami perempuan.

Baca juga: Viral, Unggahan Rambut Keriting Sering Dipotong Disebut Bisa Bikin Rambut Jadi Lurus, Ini Penjelasan Dokter

Benarkah demikian?

Dosen Fakulter Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, yang juga dokter spesialis kulit di RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto, dr. Ismiralda Oke Putranti, Sp.KK, menjelaskan, banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Rambut rontok banyak sebabnya. Mulai dari faktor genetik, infeksi, autoimun, dan gangguan metabolik, stres, keganasan, dan lain-lain," ujar Oke kepada Kompas.com, Sabtu (12/6/2021).

Dia mengungkapkan, kerontokan rambut bahkan bisa membuat kepala menjadi botak, seperti pada alopesia androgenik yang terkait genetik dan berhubungan dengan hormon.

Selain itu kebotakan juga bisa terjadi pada penderita autoimun seperti alopesia areata, infeksi jamur dan bakteri (pada penyakit sifilis), gangguan psikologis pada trikotilomania, serta pada penderita kanker yang mendapatkan kemoterapi.

Oke mengatakan, rambut dapat rontok setiap hari.

Baca juga: Ingin Rambut Hitam Berkilau? Cobalah Keramas Menggunakan Kopi Wangi

Akan tetapi, normalnya 100-200 helai per hari dan sifatnya acak. Jika lebih dari itu, maka tidak normal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X