Update Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Cilacap: Pendinginan Masih Dilakukan

Kompas.com - 12/06/2021, 12:32 WIB
Kebakaran kilang di area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021) malam. KOMPAS.COM/DOK DAMKAR CILACAPKebakaran kilang di area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021) malam.

KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di salah satu area tangki/bundwall Kilang Cilacap pada Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB.

Pjs VP Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengungkapkan, hingga saat ini masih dalam proses pemadaman dan pendinginan untuk mencegah api timbul kembali.

"Masih proses pemadaman paralel pendinginan," ujar Heppy kepada Kompas.com, Sabtu (12/6/2021).

Pertamina mengklaim telah dapat mengendalikan kebakaran yang terjadi di salah satu area tangki/bundwall yang berisi Benzene.

Baca juga: Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap: Kronologi, Dampak, dan Penanganan

Dalam keterangan resminya, Area Manager Communication, Relations, & CSR Hatim Ilwan menjelaskan, upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api.

Sebanyak 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengenai kondisi masyarakat sekitar Kilang Pertamina Cilacap, Pertamina memastikan kondisi masyarakat aman dan tidak terdampak karena lokasi area tangki yang terbakar berada jauh dari pemukiman warga.

Selain itu, Pertamina belum bisa memastikan penyebab kebakaran kilang minyak.

"Kebakaran terjadi di salah satu area tangki penyimpanan yang lokasinya berada jauh di dalam kompleks kilang, bukan kilang atau pabrik pengolahannya. Penyebab kebakaran belum diketahui," ujar Hatim, Jumat (11/6/2021).

Sementara itu, terkait pasokan BBM dan LPG, Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho dalam keterangan pers, Jumat (11/6/2021), mengatakan, pasokan dalam kondisi aman.

Baca juga: [HOAKS] Puluhan Mobil Mewah Hangus Akibat Kebakaran Kilang Minyak Pertamina

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X