Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap: Kronologi, Dampak, dan Penanganan

Kompas.com - 12/06/2021, 11:20 WIB
Kebakaran kilang di area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021) malam. KOMPAS.COM/DOK DAMKAR CILACAPKebakaran kilang di area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021) malam.

KOMPAS.com- Insiden kebakaran terjadi pada salah satu area tangki atau bundwall di Kilang Pertamina Cilacap, Jumat (11/6/2021). 

 

Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, informasi yang dia terima, kebakaran terjadi pada tangki 9.

"Kejadian tadi sekitar pukul 20.00 WIB saat hujan lebat ada petir. Diinformasikan tersambar petir," kata Nyoman saat dihubungi, Jumat malam.

Baca juga: [POPULER TREN] Kurir Dimaki dan Diguyur Air Konsumen, YLKI: COD Dihapus Saja!

Kronologi dan dugaan penyebab

Kebakaran melanda salah satu tangki (bundwall) berisi Benzene di area Kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB.

Berdasarkan keterangan resmi Area Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap, Hatim Ilwan dalam konferensi pers (11/6/2021), penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kebakaran terjadi di salah satu area tanki penyimpanan yang lokasinya berada jauh di dalam kompleks kilang, bukan kilang atau pabrik pengolahannya. Penyebab kebakaran belum diketahui," kata Hatim.

Namun, diketahui saat kejadian hujan deras tengah turun di wilayah itu dan disertai sambaran petir.

Tangki yang terbakar, dikatakan hanya berisi 1/3 kapasitas saja, yakni sebanyak 1.100 barel Benzene dari kapasitas semestinya yang dapat menampung hingga 3.000 barel.

Baca juga: Update Corona 12 Juni 2021: Malaysia Perpanjang Lockdown 2 Pekan

Tak ganggu pasokan

Benzene merupakan produk kilang yang merupakan bahan dasar untuk petrochemical, dan tidak terkait dengan produk BBM atau pun LPG.

Pertamina memastikan, terkait kejadian tersebut tidak mengganggu pasokan BBM dan LPG bagi masyarakat khususnya di area Jawa Tengah dan DIY.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.