Keputusan Arab Saudi soal Ibadah Haji 2021 Akan Diumumkan Minggu Ini

Kompas.com - 08/06/2021, 11:25 WIB
Umat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat. AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIAUmat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat.

KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi akan segera mengumumkan keputusan perihal pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 ini. 

Melansir Arab News, (6/6/2021), hal itu disampaikan Penjabat Menteri Media Saudi, Dr. Majid Al-Qasabi, pada konferensi pers yang diadakan di Riyadh pada hari Minggu, (6/6/2021).

Al-Qasabi mengatakan pihak berwenang Saudi saat ini sedang menindaklanjuti pembaruan terkait kondisi pandemi. Selanjutnya, Menteri Haji dan Umrah dan Kesehatan akan segera mengumumkan keputusan.

Baca juga: 6 Fakta Pembatalan Haji 2021: Alasan, Dana Haji, hingga Nasib Antrean Jemaah

Varian virus corona

Pihaknya juga mengatakan, adanya varian baru virus corona yang diduga lebih menular juga menjadi pertimbangan untuk melakukan evaluasi potensi dampak penularan dengan lebih cermat. 

“Kami tidak ingin haji tahun ini menjadi episentrum penyebaran penyakit di Kerajaan (Saudi) atau dunia Islam,” kata Al-Qasabi.

Menurut Al-Qasabi, Kementerian Haji dan Umrah telah bekerja keras untuk meningkatkan layanan yang diberikan di sektor haji dan umrah, di tengah situasi pandemi yang luar biasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir Siasat Daily, (7/6/2021), Al-Qasabi mengungkapkan alasan penundaan keputusan dari Pemerintah Arab Saudi, yaitu adanya lonjakan kasus Covid-19 dari varian baru.

"Lonjakan virus Covid-19 baru dan ketidakpastian seputar vaksin Covid-19 telah menunda pengumuman detail haji 2021," ujar Al-Qasabi.

Akan segera diumumkan

Dalam beberapa hari mendatang, Menteri Kesehatan dan Haji Arab Saudi akan mengumumkan kepastian terkait ibadah haji tahun ini.

“Menteri perdagangan pada hari Minggu mengkonfirmasi bahwa rincian musim haji tahun ini akan diumumkan oleh Menteri Kesehatan dan Haji dalam beberapa hari mendatang,” tulis Saudi Press Agency (SPA).

Baca juga: Haji 2021 Batal Berangkat, Ini Prosedur Pengembalian Biaya Haji

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X