Cerita Rumah yang Berdiri di Tengah Jalan Raya Batuceper: Tak Digusur hingga Pernah Ditabrak

Kompas.com - 06/06/2021, 18:00 WIB
Rumah Anwar Hidayat. Kediamannya menjorok di Jalan Maulana Hasanudin, Poris Gaga, Batuceper, Kota Tangerang. KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALRumah Anwar Hidayat. Kediamannya menjorok di Jalan Maulana Hasanudin, Poris Gaga, Batuceper, Kota Tangerang.

KOMPAS.com - Ada cerita unik dari sebuah rumah di Batuceper, Kota Tangerang. Bukan karena kemewahan ataupun desain arsitekturnya. Rumah yang tepatnya berada di kawasan Poris Gaga, Batuceper itu terlihat berbeda karena lokasinya yang berada di tengah jalan raya.

Rumah itu adalah kediaman milik Anwar Hidayat. Jika dilihat dengan seksama, rumah tersebut tampak menjorok ke Jalan Maulana Hasanudin, Poris Gaga. Dibandingkan rumah-rumah di sekitarnya, Rumah milik Anwar Hidayat itu menjorok ke jalan raya sekitar enam meter.

Karena lokasi rumahnya yang menjorok itulah, pengendara yang melintasi Jalan Maulana Hasanudin pasti dapat dengan mudah mengenali rumah milik Anwar tersebut, bahkan dari kejauhan.

Lalu bagaimana asal mula Rumah milik Anwar bisa berlokasi menjorok hingga enam meter ke jalan? Berikut kisahnya.

Baca juga: BERITA FOTO: Penampakan Rumah di Tengah Jalan Raya di Batuceper, Menjorok 6 Meter ke Jalan

Penyebab rumah di tengah jalan

Anwar menceritakan penyebab rumahnya bisa menjorok ke jalan raya. Diakuinya, rumahnya yang memakan jalan raya itu terjadi secara tidak sengaja. Ketika di tahun 2004, sertifikat rumahnya digadaikan oleh salah seorang oknum ke salah satu bank.

Kemudian pada tahun 2007, Wali Kota Tangerang saat itu Wahidin Halim, membuat kebijakan pelebaran jalan di Jalan Maulana Hasanudin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena program pelebaran jalan itu, sejumlah rumah yang berada di lokasi digusur oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Dia menyebutkan, pada 2004, sertifikat rumahnya digadaikan oleh seorang oknum ke salah satu bank. Kemudian, pada 2007, Wahidin Halim, yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Tangerang, tengah melebarkan Jalan Maulana Hasanudin.

Baca juga: Kisah tentang Rumah yang Berdiri di Tengah Jalan Raya di Batuceper, Bagaimana Bisa Terjadi?

Tampak samping rumah milik Anwar Hidayat. Kediamannya menjorok ke jalan raya sekitar 6 meter di Jalan Maulana Hasanudin, Poris Gaga, Batuceper, Kota Tangerang, sejak tahun 2007 hingga saat ini.KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Tampak samping rumah milik Anwar Hidayat. Kediamannya menjorok ke jalan raya sekitar 6 meter di Jalan Maulana Hasanudin, Poris Gaga, Batuceper, Kota Tangerang, sejak tahun 2007 hingga saat ini.
Dalam program tersebut, sederet rumah di jalan itu digusur oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Ketika kemudian Anwar hendak meminta kembali sertifikat rumah miliknya, oknum yang yang membawa sertifikat itu sudah telanjur kabur.Lantas, tanah yang menjadi lokasi rumah Anwar menjadi tanah sengketa.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.