Sore Ini, Asteroid Berukuran Dua Kali Lapangan Bola Dekati Bumi, Bisa Dilihat Pakai Teleskop

Kompas.com - 05/06/2021, 13:54 WIB
Ilustrasi asteroid ShutterstockIlustrasi asteroid

KOMPAS.com - Asteroid berukuran hingga lebih kurang 160 meter atau seluas dua kali lapangan sepak bola akan melintas mendekati Bumi pada Sabtu (5/6/2021) pukul 15.29 WIB.

Asteroid itu bernama 2021 KF2.

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Andi Pangerang mengungkapkan, fenomena ini tidak bisa disaksikan dengan mata telanjang.

Baca juga: 5 Juni, Asteroid 2021 KF2 Berukuran hingga 160 Meter Melintas Dekat Bumi, Berbahayakah?

Akan tetapi, diperlukan alat bantu berupa teleskop untuk menyaksikan fenomena tersebut.

"Sayangnya, tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, harus menggunakan teleskop yang diameter lensanya minimal 70 cm," ujar Andi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/6/2021).

Menurut Andi, semua wilayah di Indonesia dapat mengamati fenomena tersebut dengan mengarahkan teleskop ke sisi tenggara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang yang ingin melihatnya bisa mulai mengamati ketika fajar bahari hingga 50 menit sebelum matahari terbit pada esok hari.

"Bisa dilihat saat ketinggian matahari -12 derajat yang berarti sudah masuk fajar bahari, sedangkan ketika matahari terbit, asteroid ini cukup redup," kata Andi.

Apa dampaknya ke bumi?

Andi mengatakan, fenomena mendekatnya asteroid ke bumi tidak akan menyebabkan dampak apa pun. 

"Karena massa asteroid yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan massa bulan, maka tidak menyebabkan pasang surut air laut atau lainnya," kata dia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X