Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Tema dan Berbagai Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Kompas.com - 04/06/2021, 20:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) diperingati pada tanggal 5 Juni.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dicanangkan PBB demi menggugah kesadaran banyak orang untuk menjaga lingkungan dan menciptakan ekosistem hijau yang lestari.

Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia berawal ketika PBB menggelar konferensi pertama tentang lingkungan hidup yang kemudian menghasilkan Deklarasi Stockholm pada tanggal 5 Juni 1972.

Semenjak saat itu, setiap tanggal 5 Juni seluruh komponen masyarakat dunia bergandengan tangan dengan instansi pemerintah dan komponen bisnis kecil maupun raksasa, akan bersama-sama menunjukkan partisipasinya dalam mengurai isu-isu lingkungan hidup.

Baca juga: Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia: Menengok Ulin yang Makin Langka di Hutan Kalimantan

Tema perayaan HLHS 2021

Dilansir dari India Today, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2021 ini adalah "Environment Restoration" atau "Restorasi Lingkungan."

Restorasi lingkungan adalah upaya mengembalikan ekosistem ke kondisi awal mula, yang mencakup usaha pencegahan dan mengatasi berbagai kerusakan alam yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia.

PBB sendiri mengeluarkan fakta bahwa setiap tiga detik dalam hidup kita, dunia kehilangan beberapa titik hutan alaminya.

Dan keserakahan manusia, membuat kita kehilangan banyak lahan basah yang menjadi penyeimbang ekosistem di bumi.

Tema HLHS kali ini dibangun guna menyuport usaha PBB dalam mengembalikan lagi hijaunya kawasan hutan dan melindungi kawasan alam yang masih perawan yang harus terus dilestarikan.

Baca juga: Trenggiling Terancam Punah, Pentingnya Edukasi dan Rehabilitasi

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan 

Sebagai masyarakat kecil, yang gapaian tangannya sangat terbatas, kita tetap bisa berpartisipasi menyelamatkan lingkungan dengan melakukan beragam langkah atau aktivitas kecil.

Dilansir dari Inhabitat, berikut ini beberapa contoh aktivitas yang bisa dipilih dalam rangka ikut menyelamatkan lingkungan di peringatan HLHS tahun ini:

1. Bersih-bersih lingkungan

Ilustrasi sampah plastik dan puntung rokok yang dikumpulkan di pantai Dok. Shutterstock/Will Day Ilustrasi sampah plastik dan puntung rokok yang dikumpulkan di pantai
Tak perlu mengajak banyak orang. Ajak saja teman atau tetangga terdekat untuk bersama-sama membersihkan lingkungan, dimulai dari area hunian masing-masing.

Bersihkan sanitasi, juga tanam pohon untuk menghijaukan lingkungan pemukiman.

2. Hemat air

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com