Kompas.com - 04/06/2021, 15:00 WIB
Pelupa bisa jadi gejala dari beberapa penyakit kronis. Unsplash/Valentin SaljaPelupa bisa jadi gejala dari beberapa penyakit kronis.

KOMPAS.com - Pikun tak hanya bisa terjadi pada lansia, pikun juga bisa terjadi pada usia muda yang masih produktif. 

Pikun adalah berkurangnya daya ingat atau memori. Gangguan memori ini sering dikaitkan dengan demensia atau alzheimer, penyakit yang biasa menyerang usia senja. 

Namun ternyata, gangguan penurunan daya ingat ini tak hanya bisa terjadi di usia senja saja, dan tak hanya pula disebabkan oleh demensia atau alzheimer. 

Ada banyak penyebab mengapa usia produktif sering lupa dimana meletakkan barang, lupa harus membawa apa ketika pergi kemana, bahkan terhenti di tengah percakapan karena lupa mau menyampaikan apa. 

Sesekali lupa masih wajar. Namun jika pelupa sudah menjadi santapan harian, Anda harus mulai mencari penyebab yang ada di sebaliknya.

Namun jangan khawatir, seperti dilansir dari Prevention, pikun di usia muda ini tak melulu dilatarbelakangi oleh alzheimer. 

Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa menyebabkan Anda menjadi pelupa di usia muda:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Fakta Penyakit Asma yang Penting Diketahui

1. Efek pengobatan

IlustrasiPIXABAY Ilustrasi
Jika efek pelupa datangnya di waktu Anda tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu, maka segeralah konsultasikan gangguan menurunnya daya ingat ini dengan dokter yang menangani Anda.

Menurut Lauren Drag, Ph.D, spesialis saraf Stanford Health Care, beberapa obat-obatan memang bisa menganggu daya ingat. Seperti antihistamin, obat penenang juga obat penurun tekanan darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.