Kompas.com - 01/06/2021, 16:45 WIB
Ilustrasi haji Kementerian Agama RIIlustrasi haji

KOMPAS.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Pemerintah Arab Saudi belum memberi kepastian terkait penyelenggaraan haji 2021.

Menurut dia, batas waktu persiapan penyelenggaraan haji telah melewati batas akhir.

"Berdasarkan simulasi yang kami lakukan, jika jemaah diberangkatkan sebanyak 5 persen saja, maka kita semestinya sudah mendapatkan kepastian kuota pada 25 Mei 2021. Itu sudah lewat," kata Menag Yaqut saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, Senin (31/5/2021), dikutip dari laman resmi Kemenag.

"Bahkan, jika jemaah diberangkatkan hanya 1,8 persen, harusnya kepastian kuota tanggal 28 Mei. Sudah lewat juga," lanjut dia.

Baca juga: Pemerintah Akan Buat Keputusan soal Ibadah Haji 2021

Lalu, apakah akan ada pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia dengan lewatnya tenggat waktu yang disebutkan Menag?

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Khoirizi mengatakan, tenggat waktu yang disebut Menag Yaqut hanya upaya mitigasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, hal itu tidak mempengaruhi keputusan pemberangkatan haji 2021 dari Indonesia.

"Itu mitigasi kami bahwa kalau dengan asumsi 5 persen itu 24 Mei, tapi tergantung pada Arab Saudi, berapa dia mau memberikan kuota kepada indonesia. Itu yang akan kami lakukan, hitung-hitungan space waktunya," kata Khoirizi kepada Kompas.com, Selasa (1/6/2021).

Ia mengatakan, Arab Saudi sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan apa pun terkait operasional haji 2021. Tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga dunia.

Terkait status Indonesia yang masuk daftar negara yang dilarang masuk oleh Arab Saudi, Khorizi menyebutkan, larangan itu berlaku untuk kunjungan, bukan haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.