Video Viral Anak Buah Izin Sakit Disebut Sabotase Bisnis, Ini Kata Kemnaker dan Serikat Pekerja

Kompas.com - 01/06/2021, 16:15 WIB
Unggahan viral yang menyebut karyawan sering izin sakit dikatakan sedang mensabotase bisnis perusahaan screenshootUnggahan viral yang menyebut karyawan sering izin sakit dikatakan sedang mensabotase bisnis perusahaan

KOMPAS.com - Sebuah video berisi seorang pria yang menyebut jika karyawan sering izin sakit maka dia sedang menyabotase bisnis, viral di media sosial. 

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @tommcifle yang kemudian diposting ulang oleh akun Twitter @hrdbacot.

"Bisa bangun gak? Bisa. Bisa jalan gak? Bisa. Bisa makan gak? Bisa. Bisa naik motor gak? Bisa. Berarti bisa ke kantor," kata seseorang dalam video tersebut.

"Kebanyakan orang yang izin sakit, izin sakit, izin sakit, kebanyakan gak benar-benar sakit. Mereka hanya ingin menyabotase bisnis Anda," imbuh dia.

"Waduh waduh berlebihan sekali ya Pak. Badan seger tapi psikologis ga sehat itu udah sakit lho. Jalan ke kantor naik motor dgn kondisi kyk gitu juga ga baik. Yg ada bisa nabrak," tulis akun @hardbacot. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga Selasa (1/6/2021), video itu mendapat 14,8 ribu likes dan 6.506 retweet dan 8.307 quote tweet.

Baca juga: Mulai 1 Juni 2021, Penyimpanan Google Photos Dibatasi 15 GB

Respons warganet

Sejumlah warganet menyayangkan pernyataan yang menyebut karyawan sakit sedang menyabotase bisnis. 

"Jauhin aku dr atasan seperti ini lg please krn dulu udh dpt kayak gini, dan itu nyiksa bgt, sampe akhirnya drop di tmpt kerja&setelah drop malah diomongin abis2an. Kalaupun di bawa ke ugd lgsg ngomong "ini potong gaji ya" br jg pingsan:( smoga bapak ini ga prnh sakit2an deh," ungkap @feliiciaa_

"Aku yang orangnya gampang sakit juga kadang mikir "yampun masa izin lagi" tapi ya gimana ya daripada mati, perusahaan mah gampang cuma ngucapin innalilahi terus nyari karyawan baru," tulis @pikawsan3. 

"Selemah apa perusahaannya sampe karyawan izin sakit aja dibilang "mensabotase bisnis"," ujar @dipanggilcece. 

"'Menyesatkan' motivasinya. Untuk para HRD dan manajer. please, jangan maksa karyawan ke kntor kalo lagi sakit. Bohong atau gak itu urusan karyawan sama Tuhan. Karyawan sakit gak ada di items KPI atau RKI. Sans aja sih hahaha...,' tulis @aaawansetiawan. 

"Jaman now kalau sakitnya cuma "flu" aja serem kalau tetep ke kantor. siapa tau covid. Mending kalau ga enak badan ya dibiarin aja di rumah, atau kalau memang benar2 diperlukan ya kerja dari rumah (WFH)," kata @kikypratamaaa_

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X