Varian Baru Virus Corona C.36.3 Menyerang Inggris, 109 Terinfeksi

Kompas.com - 31/05/2021, 07:25 WIB
Ilustrasi virus corona SHUTTERSTOCK/ker_viiIlustrasi virus corona

KOMPAS.com - Varian baru virus corona penyebab Covid-19 yang pertama kali muncul di Thailand dilaporkan telah ada di Inggris.

Pejabat kesehatan Inggris mengonfirmasi pada Kamis (27/5/2021) bahwa 109 kasus varian Thailand telah ditemukan di negara tersebut. 

Meskipun demikian, sampai saat ini belum jelas apakah varian tersebut lebih menular atau berbahaya daripada varian yang sudah ada, seperti B.1.1.7 dan B.1.617.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Inggris, Diduga Lebih Menular

Varian kode C.36.3

Varian tersebut memiliki kode C.36.3 dan masuk kategori sebagi "varian yang sedang diselidiki" pada 24 Mei 2021 berdasarkan profil mutasi dan peningkatan impor dari wilayah internasional yang semakin luas.

Melansir Independent, Public Health England (PHE) melakukan pengujian laboratorium untuk lebih memahami dampak mutasi pada perilaku virus.

Pengujian itu juga dilakukan untuk menentukan apakah mutasi tersebut mencapai ambang batas kategori "varian yang menjadi perhatian".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat ini tidak ada bukti bahwa varian ini menyebabkan penyakit yang lebih parah atau membuat vaksin yang saat ini digunakan menjadi kurang efektif," kata PHE dalam sebuah pernyataan.

Antara Mesir dan Thailand

Varian C.36.3 dilaporkan terdeteksi pada orang yang melakukan perjalanan ke Thailand dari Mesir.

Namun, pemerintah Thailand telah mengajukan keberatan atas labelnya sebagai "varian Thailand" karena mereka mengatakan itu berasal dari Mesir.

"Jika asalnya dari Mesir maka tidak boleh disebut varian Thailand," kata Kepala Departemen Ilmu Kedokteran (DMS) Dr Supakit Sirilak.

"Ini mirip dengan Jepang ketika mereka menemukan varian Brasil. Mereka melaporkannya sebagai strain Brasil. Oleh karena itu, ini harus disebut varian Mesir," sambungnya.

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Afrika Selatan, Diduga Picu Gelombang Kedua Covid-19

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.