Kompas.com - 30/05/2021, 17:45 WIB
Ratusan jemaah Muslim mengelilingi Ka'bah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli, 2020. AP/STRRatusan jemaah Muslim mengelilingi Ka'bah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli, 2020.

KOMPAS.com - Hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai teknis pelaksanaan ibadah haji 2021.

Kementerian Agama berharap Pemerintah Arab Saudi segera mengumumkan teknis operasional ibadah haji, terutama soal kuota jemaah.

Jika kuota haji sudah diumumkan, Kemenag dan Komisi VIII bisa membahasnya lebih lanjut.

"Selain info dari Saudi, teknis kesiapan Kemenag juga akan dipengaruhi faktor waktu. Itu juga menjadi pertimbangan penting, apakah cukup untuk proses pemberangkatan, pengadaan layanan, dan lainnya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, dalam keterangan resmi seperti dilansir dari laman Kemenag, Minggu (30/5/2021).

Ia mngatakan, apa pun keputusannya, hal itu akan dibahas Kemenag bersama DPR. 

"Persiapan berikut mitigasinya terus dilakukan. Tapi, pemerintah belum mengambil keputusan akhir," ujar Khoirizi.

Baca juga: Update Info Haji 2021, Persiapan, dan Finalisasi Manasik... 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan informasi terkini, Komite Tinggi Haji Kerajaan Arab Saudi menggelar sidang yang membahas pelaksanaan haji 2021 pada Selasa (25/5/2021).

Sidang itu dipimpin oleh Ketua Komite Tinggi Pangeran Abdul Aziz bin Saud, yang juga menjabat Menteri Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi.

Sidang tersebut membahas beberapa rekomendasi yang selanjutnya akan disampaikan kepada Raja Salman untuk diputuskan di level Diwan Malaki atau Kantor Raja dalam bentuk dekrit Raja.

KBRI Riyadh juga telah melakukan komunikasi intensif dengan pihak Arab Saudi agar memberikan kemudahan-kemudahan kepada jemaah haji Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.