Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kali Telanjang Saat Rapat, Anggota Parlemen Kanada Minta Maaf dan Mundur

Kompas.com - 29/05/2021, 22:04 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Seorang anggota parlemen di Kanada, William Amos, meminta maaf setelah melakukan dua kali adegan telanjang.

Selain meminta maaf, ia juga secara resmi mengundurkan diri dari beberapa tugas parlemen pada Sabtu (29/5/2021).

Anggota parlemen kontroversial ini dua kali melakukan adegan memalukan. Adegan pertama ia tertangkap kamera sedang buang air kecil saat konferneis video di Parlemen Kanada.

Lalu pada April lalu, ia juga melakukan adegan serupa dengan berdiri telanjang bulat di antara bendera Kanda dan Quebec.

Baca juga: Dua Kali Telanjang di Rapat Virtual, Anggota Parlemen Kanada Mundur

Meski memang bagian pribadinya tertutup telepon, namun tindakan Amos dianggap sangat tidak sopan dan tidak etis karena yang bersangkutan sedang terhubung di sesi video tanya jawab dengan Parlemen Kanada.

Amos, pria berusia 46 tahun ini mengaku aksi memalukan dua kali berturut-turut itu dilakukan tanpa sengaja. Ia mengaku malu atas tindakannya itu.

"Meskipun tidak disengaja dan tidak terlihat oleh publik, ini sama sekali tidak dapat diterima. Saya meminta maaf tanpa syarat," ucap Amos.

Rekan Amos di Parlemen Kanada, Karen Vecchio menilai seharusnya Amos tidak melakukan hal memalukan itu, baik dalam rapat virtual ataupun tidak. Ia menilai perilaku itu tidak dapat diterima.

"Ini adalah kedua kalinya Pak Amos kedapatan mengekspos dirinya kepada rekan-rekannya di parlemen dan House of Commons," kata Vecchio, anggota Parlemen dari Partai Konservatif.

Vecchio menuding kaum liberal yang dipimpin Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, partai yang menaungi Amos, gagal memastikan lingkungan kerja yang aman. Terlebih, insiden tersebut dilakukan dua kali oleh Amos.

Baca juga: Politisi Kanada Minta Maaf Setelah Tertangkap Kamera Buang Air Kecil Saat Rapat Parlemen

Menurut Vecchio, semestinya anggota parlemen tidak boleh menginjak-injak institusi terhormat negara. (Penulis: Tito Hilmawan Reditya | Ardi Priyatno Utomo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com