Kompas.com - 29/05/2021, 16:29 WIB
Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, salah satu ikon di negara tersebut. KOMPAS.COM/AMIR SODIKINMenara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, salah satu ikon di negara tersebut.

KOMPAS.com - Malaysia akan menerapkan kuncian wilayah secara nasional mulai Selasa (1/6/2021) selama dua pekan hingga 14 Juni 2021.

Keputusan ini diambil akibat tingginya kasus harian infeksi Covid-19 di negara itu yang tak kunjung menurun.

Diberitakan Malay Mail (28/5/2021), keputusan ini diambil oleh Dewan Keamanan Nasional yang diumumkan oleh Kantor Perdana Menteri (PMO), Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Infeksi Covid-19 Malaysia Melonjak Tajam Terkait Kluster Idul Fitri, Lockdown Nasional Diperpanjang

Lockdown dua minggu

Selama dua minggu pemberlakuan pembatasan ini, seluruh kegiatan sosial dan ekonomi dilarang untuk dilakukan, kecuali sektor ekonomi dan jasa yang sifatnya sangat penting.

Pemerintah menyebut hal ini bukan keputusan yang mudah, namun PMO mengatakan semua ini harus diambil, karena situasi pandemi di Malaysia yang kian memburuk.

"Jika penguncian Fase Satu ini berhasil mengurangi kasus harian Covid-19, Pemerintah akan melanjutkan ke Fase Dua yang memungkinkan pembukaan kembali sektor ekonomi yang tidak melibatkan pertemuan massal dan jaga jarak fisik dapat dipertahankan,” kata PMO dalam sebuah pernyataan.

Fase Dua ini nantinya akan berjalan selama 4 minggu atau satu bulan, sebelum akhirnya memasuki Fase Tiga atau seperti pembatasan yang diberlakukan hari ini.

Pada Fase Tiga, hampir semua sektor ekonomi dapat beroperasi dengan pembatasan tertentu. Namun tidak dengan kegiatan sosial yang tetap belum mendapat izin.

Meyakinkan warga

Terkait dengan pelaksanaan lockdown Nasional, Pemerintah Malaysia terus meyakinkan seluruh warganya bahwa keputusan ini diambil untuk melindungi sistem kesehatan mereka agar tidak sampai ambruk atau kolaps.

Selain itu, bagi pihak yang secara ekonomi akan terdampak kebijakan ini, Pemerintah menyiapkan paket bantuan khusus yang akan diumumkan menyusul.

Untuk itu, semua warga diminta untuk kooperatif dan mematuhi aturan yang dibuat oleh Pemerintah.

Baca juga: Benarkah Pendaftaran CPNS Dibuka 31 Mei 2021? Ini Penjelasan BKN

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.